ST. ROHMAH, 131310000697 (2017) STUDI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DENGAN PRINSIP AJARAN AL-QURAN (Tinjauan Analisis Buku Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Karya Muhaimin). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310000697_COVER.pdf - Published Version
Download (88MB) | Preview
![[thumbnail of 131310000697_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000697_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
![[thumbnail of 131310000697_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000697_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
![[thumbnail of 131310000697_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000697_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
![[thumbnail of 131310000697_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000697_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
![[thumbnail of 131310000697_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310000697_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
131310000697_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam sekolah dasar yang ideal 2) Untuk mendiskripsikan prinsip ajaran al-quran menganai kurikulum PAI SD.
Hasil pembahasan menunjukkan: 1) Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam sekolah dasar yang ideal adalah dengan Pembelajaran PAI di SD dengan pembelajaran yang membantu peserta didik memperoleh informasi, ide, ketrampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengekspresikan dirinya, dan cara-cara bagaimana belajar. Dalam pembelajaran terdapat kegiatan memilih menetapkan, dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengintegrasikan berbagai materi ajar dengan karakteristik dan aspek materi yang saling berkaitan di dalam satu kegiatan pembelajaran yang tersusun secara terencana dan sistematis dan terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa aspek/topik sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Materi PAI disampaikan dengan menetapkan tema-tema dalam lingkup PAI, yang meliputi: Al Qur’an, Aqidah, Fikih, Akhlak, dan SKI. 2) Prinsip ajaran al-quran mengenai kurikulum PAI SD, adalah menempatkan kurikulum dalam proses pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, dalam kurikulum memiliki bagian-bagian penting sebagai penunjang yang dapat mendukung operasinya dengan baik. Bagian-bagian ini disebut komponen. Dan komponen-komponen tersebut saling berkaitan, berintraksi satu sama lain dalam mencapai tujuan. Kurikulum pendidikan Islam pada umumnya merupakan pencerminan Islami yang dihasilkan berdasarkan pedoman hidup umat Islam, yaitu Al Quran yang ditransformasikan pada peserta didik dalam seluruh aktivitas dan kegiatan pendidikan dalam prakteknya. Kurikulum Pendidikan Islam bertujuan menanamkan kepercayaan dalam pemikiran genarasi muda, penguatan tauhid, peningkatan kualitas akhlak serta untuk memperoleh pengetahuan secara berkelanjutan. Dalam menentukan atau memilih kurikulum itu mempertimbangkan aspek tujuan agama dan akhlak. Kerangka kurikulum pendidikan Islam pada dasarnya sama dengan kerangka kurikulum umum, hanya saja disesuaikan dengan tujuan pendidikan Islam yang beredoman pada Al-Qur’an dan Hadits. Kerangka kurikulum tersebut adalah tujuan, isi kurikulum, metode, dan evaluasi kurikulum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'adullah Assa'idi, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 07:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:24 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4023 |