PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DAN VIII MTS TARBIYATUL ULUM GELANG KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SOLIKIN, 131310001912 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DAN VIII MTS TARBIYATUL ULUM GELANG KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310001912_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310001912_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
131310001912_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
131310001912_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
131310001912_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
131310001912_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
131310001912_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa kelas VII dan VIII MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VII dan VIII MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara tahun pelajaran 2013/2014. (3) Untuk menganalisis tingkat kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VII dan VIII MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah lebih dari 100 maka diambil 47 orang. Sehingga penelitian ini adalah penelitian sampel.
Peneleitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi dengan tehnik korelasional. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang kompetensi guru dan hasil belajar siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik dengan menggunakan rumus Korelasi Ganda. Berdasarkan dari analisis menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah cukup. Hal ini dibuktikan dari mean (rata-rata) nilai kompetensi guru yaitu 64,3404, yang berada pada kategori cukup. Karena berada pada nilai interval yang berjarak 52 – 67. (2) Hasil Belajar siswa Mts Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean (rata-rata) hasil belajar Aqidah akhlak siswa (dari rata-rata nilai asli tes mid semester ganjil) yaitu 68,0851, berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 60 – 69. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan bahwa untuk taraf signifikan 5% dan 1%. Dimana besarnya rxy = 0,445 pada taraf signifikan rt 5% = 0,288 dan rt 1% = 0,372. Sehingga rxy lebih besar dari rt 5% dan rt 1%. Kemudian ditemukan koefisien penentu (KP) 19% yang berarti variabel X (kedisiplinan siswa) berhubungan 19% dengan variabel Y (hasil belajar Aqidah Akhlak MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan, khususnya bagi guru Aqidah Akhlaq di MTs Tarbiyatul Ulum Gelang Keling Jepara sebagai tempat penelitian dan bagi semua pihak yang membutuhkan, terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:16
Last Modified: 11 Jan 2023 07:16
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item