HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAQ DAN FIQIH SISWA MTS WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SOFIATUN, 131310001526 (2017) HUBUNGAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAQ DAN FIQIH SISWA MTS WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310001526_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310001526_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
131310001526_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
131310001526_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
131310001526_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
131310001526_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
131310001526_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, 2). Mengetahui prestasi hasil belajar pendidikan aqidah akhlaq dan Fikih siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, 3). Mengetahui hubungan antara tingkat kedisiplinan belajar dengan prestasi hasil belajar pendidikan aqidah akhlaq dan Fiqih siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini dilakukan di MTS Walisongo Pecangaan Jepara. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah populasi 202 siswa, sebanyak 41 siswa digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menentukan hubungan antar variabel yaitu kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar Akidah Akhlaq dan Fikih digunakan melalui perhitungan korelasi product moment, selanjutnya untuk menguji hipotesis adalah mengkonsultasikan atau membandingkan antara nilai dalam koefisien korelasi (r observasi) dengan nilai dalam tabel (r tabel) pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 %.
Hasil analisis data sebagai berikut : (1) Kedisiplinan belajar siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara, yaitu rata-rata sebesar 83 % kategori tinggi dengan interval nilai antara (71 % - 85 %), (2) Prestasi hasil belajar Aqidah Akhlaq Siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara, adalah 71,15 tergolong cukup dengan interval nilai antara (70 - 80), (3). Prestasi hasil belajar Fikih Siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara, adalah 75,12 tergolong cukup dengan interval nilai antara (70 - 80), (4) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi hasil belajar pendidikan aqidah akhlaq siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil korelasi sebesar (0, 808), lebih besar daripada r dalam tabel (0,308) pada taraf signifikansi 5 %. Dan r observasi (0, 808), lebih besar daripada r dalam tabel (0,398), pada taraf signifikansi 1 %, dan (5). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi hasil belajar Fikih siswa MTS Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil korelasi sebesar (0, 560), lebih besar daripada r dalam tabel (0,308) pada taraf signifikansi 5 %. Dan r observasi (0, 560), lebih besar daripada r dalam tabel (0,398), pada taraf signifikansi 1 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar Siswa, Prestasi Hasil Belajar Akidah Akhlaq Dan Fikih.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:11
Last Modified: 11 Jan 2023 07:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item