PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAIKEM) DENGAN MODEL INDEX CART MACTH DAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM BUMIHARJO KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NUR KHAYATI NI’MAH, 131310000830 (2017) PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAIKEM) DENGAN MODEL INDEX CART MACTH DAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM BUMIHARJO KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310000830_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310000830_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
131310000830_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
131310000830_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
131310000830_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
131310000830_BAB V.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
131310000830_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) Mengetahui Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth Dan Card Sort dalam meningkatkan prestasi hasil belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Akhlak Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran yang mengunakan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth Dan Card Sort pada Mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan subjek penelitian yaitu: siswa kelas VII, metode riset yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Setelah diadakan penelitian dalam penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth Dan Card Sort untuk meningkatkan prestasi hasil belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 peneliti mengobservasi Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth Dan Card Sort dan kejadian-kejadian yang dianggap penting dan relevan dengan penelitian ini.
Penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth dan Card Sort sudah berjalan sangat efektif. Di mana siswa dapat mengungkapkan pengalaman secara langsung terkait materi pembelajaran. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk melibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman nyata yang pernah dialami. Dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mewujudkan daya ingat yang panjang pada siswa. Sehingga siswa dapat memahami dengan cepat dan tepat dan bertahan lama dalam ingatan siswa.
Permasalahan peneliti tersebut terjawab dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo sebelum menggunakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth dan Card Sort sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang dicapai siswa hanya 33,33% yang mencapai ketuntasan belajar dan setelah menggunakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth dan Card Sort mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan prestasi yang dicapai siswa pada siklus I yang hanya 53,33% meningkat pada siklus II sebesar 93,33% , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth dan Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, dan meningkatkan perhatian dan motivasi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo.
Dalam setiap kegiatan pastilah ada faktor penghambat dan pendukung, adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kondisi psikologis siswa, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor pendukungnya itu diantaranya, kedisiplinan guru datang tepat waktu, tersedianya media di sekolah, kemampuan guru dalam menguasai dan menyampaikan materi kepada siswa.
Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan pada semua pihak tentang penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Dengan Model Index Cart Macth dan Card Sort dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, khususnya keada siswa, guru dan orang tua dalam meningkatkan penguasaan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PAIKEM, Model Index Cart Macth dan Card Sort.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:50
Last Modified: 09 Jan 2023 01:50
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item