KONTRIBUSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DAN FIQIH DI MI AL HIDAYAH LANGON TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NOVITA DEWI SUSANTI, 131310001521 (2017) KONTRIBUSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DAN FIQIH DI MI AL HIDAYAH LANGON TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310001521_COVER.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[img] Text
131310001521_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
131310001521_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
131310001521_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
131310001521_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
131310001521_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
131310001521_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kontribusi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran hadits dan Fiqih Di MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara. 2) Untuk mengetahui keadaan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Al-quran hadits dan fiqih di MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara..
Penelitian ini mengunakan metode survei field research dengan teknik Analis. Subyek dalam penelitian ini siswa MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dan dilakukan dengan random sampling atau sampel acak.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan hasil sebagai berikut: 1) Kontribusi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, adalah: a. Memahami diri tentang potensi diri, peminatan belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan peluang pengembangannya. b. Pengembangan potensinya dan mencapai perkembangan optimal c. Penyaluran potensi yang dimiliki sesuai dengan program peminatan yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan kesempatan lain yang ada. d. Menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi satuan pendidikan. e. Menyesuaikan diri secara dinamis dan konstruktif sesuai peminatannya dan kondisi lingkungan pembelajarannya. f. Mencegah agar tidak mengalami kekeliruan pikiran, perasaan, dan perilaku yang menghambat kelancaran belajar. g. Mengentaskan masalahnya secara bertanggungjawab h. Memperbaiki kekeliruan berfikir, berperasaan dan bertindak atau berkehendak. i. Menjaga diri dan mempertahankan situasi kondusif yang telah tercipta dalam dirinya j. Mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan kesempatan yang ada dan masa depannya. 2) Keadaan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits dan Fiqih Di MI Al Hidayah Langon Tahunan Jepara, adalah sudah cukup baik dan dari segi fasilitas sudah mencukupi untuk melakukan segala layanan yang dibutuhkan siswa. Dari keempat aspek layanan bimbingan dan konseling yaitu aspek layanan dasar bimbingan, layanan responsif, layanan perencanaan individual telah terlaksana. Dalam layanan responsif, koordinasi dengan orangtua perlu lebih ditingkatkan agar penanganan masalah siswa dapat lebih mudah terselesaikan dan pelanggaran-pelanggaran dapat dicegah dan diminimalisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Dan Konseling, Kedisiplinan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.4 Konseling Sekolah
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:15
Last Modified: 05 Jan 2023 03:15
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3940

Actions (login required)

View Item View Item