ANALISIS PENGARUH MERCHANDISING, DISCOUNT, ATMOSFIR TOKO DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING DI RABBANI JEPARA

NOVI LESTARI, 131110000992 (2016) ANALISIS PENGARUH MERCHANDISING, DISCOUNT, ATMOSFIR TOKO DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING DI RABBANI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110000992_COVER - I.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img] Text
131110000992_BAB I - II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
131110000992_BAB II - III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
131110000992_BAB III - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
131110000992_BAB IV - V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
131110000992_BAB V - VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Rabbani merupakan salah satu brand atau merek kerudung islam instan pertama dan terbesar di Indonesia yang berpusat di kota Bandung dan telah membuka cabang atau reshare di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah kota Jepara. Rabbani memproduksi produk andalan berupa kerudung instan, busana muslim diantaranya tunik, kastun dresslim, kemko, serta perlengkapan lain seperti ciput atau inner serta aksesoris lainnya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan perilaku belanja di reshare Rabbani Jepara dan bagaimana perusahaan harus dapat menciptakan dan membuat calon konsumen melakukan kegiatan impulse buying. Dari data yang diperoleh meski pendapatan rata-rata perbulan di Rabbani mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun jika dilihat dari segi jumlah pelanggan yang membeli pada tahun 2014 ke tahun 2015 mengalami penurunan pembeli.
Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh merchandising, discount, atmosfir toko dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying di Rabbani Jepara, penelitian dilakukan terhadap konsumen Rabbani Jepara berumur 18-35 tahun yang melakukan pembelian secara tidak terencana. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 96 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling yaitu bentuk purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,215X1 + 0,159X2 + 0,502X3 +0,136X4
Dimana variabel impulse buying (Y), merchandising (X1), discount (X2), atmosfir toko (X3), hedonic shopping motives (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang di teliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen impulse buying. Kemudian melalui kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel merchandising, discount, atmosfir toko, hedonic shopping motives. Angka Adjusted R Square sebesar 0,773 menunjukkan bahwa 77,3% variasi impulse buying dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 22,7% persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muharsito,S.E.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Merchandising, Discount, Atmosfir Toko, Impulse Buying.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:36
Last Modified: 03 Jan 2023 01:36
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item