PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018)

MUHAMMAD ADI LUTFI, 131310000801 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMK Bhakti Praja Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310000801_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310000801_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
131310000801_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
131310000801_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
131310000801_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
131310000801_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
131310000801_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adanya tantangan zaman di abad modern dengan perkembangan dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini. Manusia cenderung lebih menekankan ilmu umum yang condong pada kepentingan dunia dan melupakan ilmu keagamaan sebagai tujuan di akhirat kelak. Seperti yang terjadi di SMK Bhakti Praja Jepara, banyak yang belum mampu atau bahkan ada yang sama sekali tidak dapat membaca Al-Qur’an, padahal bacaan Al-Qur’an termasuk juga bacaan dalam sholat. Bahkan banyak dari masyarakat yang beranggapan bahwa nilai akademik sekolah lebih penting dari pada belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin mengkaji peran guru agama Islam dalam mengatasi siswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an, yang dikemas dalam suatu rumusan penelitian, yaitu : 1) Kesulitan apa saja yang ditemui peserta didik di SMK Bhakti Praja Jepara ketika membaca Al-Qur’an tahun pelajaran 2017/2018?, dan 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di SMK Bhakti Praja Jepara tahun pelajaran 2017/2018?
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang relevan dengan tema kajian di atas, antara lain : 1) metode interpretatif, dan 2) metode analisis deskriptif. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan berkaitan dengan pembahasan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data lapangan yang diperoleh dari kancah penelitian, melalui observasi, intyerview, tes lisan, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penulis ambil dari sampel dari seluruh populasi di SMK Bhakti Praja Jepara, pada kelas X semua jurusan dengan menggunakan teknik sampling purposive, yaitu metode penetapan sampel dengan didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu untuk memberikan informasi secara maksimal. Penulis menentukan sampel berdasarkan petunjuk dari guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bhakti Praja Jepara.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan diperoleh data bahwa terdapat kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami oleh siswa kelas X di SMK Bhakti Praja Jepara, yaitu : Pengenalan huruf Hijaiyyah dan panjang pendeknya harokat, Pemahaman Hukum tajwid dan makhorijul huruf, dan Kurang tartil. Untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yang terjadi pada siswa, Bapak Arif selaku guru PAI di SMK Bhakti Praja Jepara menjalankan perannya sebagai fasilitator, evaluator, dan motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI dan Kesulitan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:17
Last Modified: 29 Dec 2022 03:17
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item