PENERAPAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS V DI MI MATHOLIUL FALAH 01 KELET KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

LUTHFIANI ULIFATHUL HIDAYAH, 131310001613 (2017) PENERAPAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS V DI MI MATHOLIUL FALAH 01 KELET KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000613_COVER DAN HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
131310000613_BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
131310000613_BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
131310000613_BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
131310000613_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
131310000613_BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
131310000613_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan penerapan metode drill dalam pembelajaran al-qur’an hadits di MI Matholiul Falah 01 Kelet Keling Jepara tahun 2016/2017. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran al-qur’an hadits di MI Matholiul Falah 01 Kelet Keling Jepara tahun 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research (studi lapangan) yang berbentuk kualititatif dengan mengggunakan metode deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah guru al-Qur’an Hadits yang mengajar kelas V dengan jumlah siswa 35 yang terdiri dari siswa laki-laki semua.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan penerapan metode drill dalam pembelajaran al- Qur’an hadits di MI Matholiul Falah 01 Kelet Keling Jepara tahun 2016/2017. (a) persiapan dalam pengajaran Al Qur’an Hadits sangat penting khususnya penguasaan terhadap metode pembelajarannya. Salah satu metode yang dipergunakan adalah metode drill (latihan siap). Metode drill (latihan siap) adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai pelajaran dan terampil. Adapun persiapan dalam penggunaan metode drill ini adalah penyajian materi harus terencana dalam bentuk program persiapan, merumuskan tujuan khusus yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, mengatur tempat, mengadakan percobaan terlebih dahulu sebelum metode ini dilaksanakan. (b) Pelaksanaan metode drill secara terperinci kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode ini dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran. (c) Penilaian metode drill menekankan pada pemahaman materi serta penghafalannya. Misalkan : siswa memahami suatu teks bacaan al- Qur’an beserta artinya, pembacaan teks dengan benar, dan penghafalannya. Guru juga memberikan evaluasi ulang serta membimbing siswa yang belum mampu melaksanakan tugas yang diberikan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan penerapan metode drill pada pembelajaran al-Qur’an hadits kelas V adalah kelemahan metode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan,M.M.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Drill, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:56
Last Modified: 27 Dec 2022 03:56
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item