STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN METODE CERITA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-MASITHOH SUKOSONO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KUSWATI, 131310000410 (2017) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN METODE CERITA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-MASITHOH SUKOSONO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000410_COVER.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[img] Text
131310000410_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
131310000410_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
131310000410_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
131310000410_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
131310000410_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
131310000410_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode cerita pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Masithoh Sukosono Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dan kendala dan solusi Penerapan Metode cerita pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Masithoh Sukosono Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan berupa penelitian Kualitatif Deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Sifat pendekatan penelitian kualitatif adalah terbuka, dalam hal ini bermakna bahwa peneliti memberikan kepada subjek untuk menjawab pertanyaan yang diajukan menurut kerangka berfikir mereka sendiri, bukan berdasarkan patokan-patokan jawaban yang telah dibuat peneliti.
Penerapan Metode cerita pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Masithoh Sukosono Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kegiatan bercerita memberikan nilai pembelajaran yang banyak bagi proses belajar dan perkembangan anak. Tahap Penerapan Metode cerita pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Masithoh Sukosono Kedung Jepara telah sesuai dengan ketentuan. Tahapan tersebut antara lain yaitu :
1. Persiapan Pembelajaran Metode Cerita KB. Al-Masithoh Sukosono
2. Materi Cerita dan Penyampaian Pembelajaran Metode Cerita KB. Al-Masithoh Sukosono
3. Evaluasi Pembelajaran Metode Cerita KB. Al-Masithoh Sukosono.
Diantara kendala yang dihadapi dalam Penerapan Metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membina akhlak anak usia dini di KB. Al-Masithoh Sukosono Kedung Jepara, antara lain: Alokasi Waktu, Kendala Pengelolaan Kelas, Kendala Evaluasi dan Kendala alat atau media peraga untuk bercerita. Upaya internal dalam Penerapan Metode cerita pada pembelajaran pendidikan agama Islam, yaitu : 1) Memahami kebutuhan dan perkembangan anak dengan memberi stimulasi secara tepat terhadap . 2) Meningkatkan kreatifitas dan memanfaatkan media atau alat peraga pembelajaran sekitar lingkungan belajar. 3) Mengoptimalkan dalam memberi stimulasi kecerdasan intelegensi, spiritual dan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita, Membina Akhlak, Anak Usia Dini, Kelompok Bermain.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:03
Last Modified: 26 Dec 2022 04:03
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item