ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SESUAI PMA NO. 361 TAHUN 2016 STUDI PADA MTs MIFTAHUL HUDA BULUNGAN

FASCAL FIRMAN FAIZAL, 131120001020 (2017) ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SESUAI PMA NO. 361 TAHUN 2016 STUDI PADA MTs MIFTAHUL HUDA BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131120001020_COVER.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img] Text
131120001020_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
131120001020_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
131120001020_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
131120001020_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
131120001020_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
131120001020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan sebagai pelaksana program wajib belajar, agar program BOS berjalan dengan baik dan optimal dikeluarkanlah Peraturan Menteri Agama No. 361 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan dana BOS di MTs Miftahul Huda Bulungan dilihat dari aspek: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, dan Pelaporan dana BOS sesuai dengan PMA No. 361 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis BOS pada Madrasah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian Kepala madrasah, Bendahara BOS, Guru, dan Komite madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dana BOS MTs dimulai dengan pendataan EMIS siswa sebagai dasar alokasi dana BOS, dan penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM) oleh Kepala madrasah, Bendahara BOS, Guru, dan Komite madrasah pada saat rapat pleno sebagai syarat pencairan dana BOS. (2) Pelaksanaan dana BOS MTs, penyaluran dana BOS dilakukan per triwulan, pengambilan dilakukan oleh Bendahara BOS, untuk penggunaannya digunakan untuk pembiayaan operasional madrasah sesuai dengan komponen pembiayaan di Juknis BOS, pembukuan dilakukan oleh Bendahara BOS meliputi, buku kas umum, buku pembantu kas, buku pembantu bank, dan buku pembantu pajak. (3) Pengawasan dana BOS, pengawasan dilakukan oleh Komite madrasah sebagai pihak internal, dan pengawasan eksternal dilakukan oleh seksi Penma Kementerian Agama Kabupaten Jepara. (4) Pelaporan dana BOS, dilakukan setiap triwulan setelah penggunaan melalui SPJ BOS sekaligus sebagai syarat pencairan dana BOS triwulan berikutnya, dilanjutkan publikasi kepada wali murid diawal dan diakhir tahun pelajaran dengan memberikan selebaran mengenai rencana anggaran dan realisasi penggunaan dana BOS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ali Sofwan,S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, Pelapora
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan > 379.1 Anggaran Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:13
Last Modified: 22 Dec 2022 02:13
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item