ANALISIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM INTENSITAS PEMBELIAN PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL DI KECAMATAN JEPARA (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kecamatan Jepara)

MAFTUHAH NOOR ROHWATINA, 131110001028 (2016) ANALISIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM INTENSITAS PEMBELIAN PRODUK MAKANAN BERLABEL HALAL DI KECAMATAN JEPARA (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kecamatan Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110001028_COVER.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img] Text
131110001028_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
131110001028_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
131110001028_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
131110001028_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
131110001028_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara jumlah pengeluaran masyarakat dalam membeli makanan halal yang lebih kecil dari jumlah masyarakat yang beragama muslim. Dimana umat muslim di wajibkan dalam agama untuk selalu mengkonsumsi makanan yang halal. Masih kurangnya intensitas masyarakat muslim dalam membeli produk makanan yang berlabel halal. Dalam permasalahan seperti ini tentu saja produsen harus berupaya untuk meningkatkan intensitas pembelian konsumen muslim terhadap makanan berlabel halal. Untuk mengtahui faktor apa yang berpengaruh dalam intensi pembelian produk makanan halal, penulis menggunakan theory of planned behavior (TPB) sebagai acuan dalam penelitian ini, ada tiga faktor dalam teori ini yaitu sikap, norma subyktif dan perceived behavior control. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif, perceived behavior control terhadap intensitas pembelian. penelitian ini dilakukan terhadap konsumen muslim di wilayah kecamatan Jepara. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 96 responden dengan menggunakan metode Accidential Sampling. Penelitian dilakukan dengan diskriptif kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,473X1 + 0,206X2 + 0,254X3
Dimana variabel Intensitas Pembelian (Y), Sikap (X1), Norma Subyektif (X2), dan Perceived Behavior Control (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (sikap, norma subyektif, dan perceived behavior control) terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen (Intensitas Pembelian). Kemudian melalui uji F akan diketahui bahwa variabel independen (Sikap, Norma Subyektif dan Perceived Behavior Control) memang layak untuk menguji variabel dependen (Intensitas Pembelian). Angka Adjusted R Square sebesar 0,801 menunujukkan bahwa 80,1% variasi Intensi Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 14,1% persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anna Widiastuti,S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: sikap, norma subyektif, perceived behavior control, intensitas pembelian.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:58
Last Modified: 21 Dec 2022 03:58
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item