PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI DALAM MEMOTIVASI MUZAKKI (Studi Kasus Pada LAZISNU Kabupaten Jepara)

MACHRUS FADZALI, 131110000016 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI DALAM MEMOTIVASI MUZAKKI (Studi Kasus Pada LAZISNU Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110000016_COVER.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text
131110000016_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
131110000016_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
131110000016_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
131110000016_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
131110000016_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
131110000016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Salah satu program pengentasan kemiskinan yang bias menunjang pemerataan tingkat kesejahteraan penduduk yaitu dengan dukungan orang yang mampu untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka berupa dana zakat infaq dan shodaqoh kepada mereka yang kekurangan. Lembaga Amil Zakat merupakan lembaga intermediasi antara si kaya dan miskin dalam menunjang pemerataan pendapatan, dimana perlu media yang tepat dalam mengkomunikasikan tentang konsep jasa maupun manfaat dengan membayar zakat melalui amil, dan akhirnya muzakki termotivasi dan meningkatnya kesadaran berzakat melalui amil.
Metode penilitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi faktual dan akurat dengan melalui observasi, wawancara (interview), pengumpulan data dengan dokumen dan triangulasi mengenai penggunaan media promosi dalam memotivasi muzakki untuk membayar zakat melalui amil.
Metode penelitian yang dilakukan pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jepara diperoleh penggunaan media promosi melalui Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) dan Direct Online Maketing. Hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu anggaran dana yang cukup besar, kurangnya sumber daya manusia dan masih terbatasnya media yang digunakan.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media promosi mempunyai peran yang sangat penting, dengan adanya media promosi (papan nama, koran, surat resmi, radio, panflet, banner, petugas layanan jemput, brosur, website, pertemuan langsung dengan konsumen, khutbah, pengajian, lailatul ijtima, seminar, sosialisasi, Jejaring sosial facebook, email, dan telepon) muzakki menjadi kenal dan tahu tentang konsep Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jepara kemudian timbul rasa kepercayaan dan akhirnya Muzakki termotivasi untuk mengeluarkan zakat melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : NOOR ARIFIN,S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Motivasi, Muzakki.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 659.1 Media Promosi (Iklan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:31
Last Modified: 21 Dec 2022 03:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item