LILIS ISTIYANI, 131310001478 (2017) PENGARUH BERFIKIR KREATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MIFTAHUL HIDAYAH JINGGOTAN KEMBANG JEPARATAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131310001478_COVER.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
![[thumbnail of 131310001478_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001478_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (71kB)
![[thumbnail of 131310001478_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001478_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
![[thumbnail of 131310001478_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001478_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
![[thumbnail of 131310001478_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001478_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
![[thumbnail of 131310001478_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
131310001478_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (29kB)
131310001478_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimanakah berfikirkreatif siswa di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. KembangJeparaTahun 2015/2016, 2). Bagaimanakah kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah JinggotanKec. KembangJeparaTahun 2015/2016, 3). Apakah ada pengaruh berfikir kreatif terhadap kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah-pisah dan kemudian dihubungkan.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 32 responden dan merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan Y.
Datapenelitian yang terkumpul kemudian di analisis denganmenggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bahwa berfikirkreatif yang dimiliki oleh siswa MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata–rata (mean) sebesar 63,34 yang masuk dalam lebar interval 59 – 64 dengan kualifikasi cukup. Adapun persentase nilai kategori berfikirkreatifsiswa MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 adalah 6,2% kategori sangat baik, 31,3% kategori baik dan 53,1% kategori cukup dan 9,4 kategori rendah. 2). Kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 juga termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Haditsadalah 62,19 yaitu pada interval 60 - 64 dengan kualifikasi cukup. Sedangkan persentase nilai kategori kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 adalah 6,2% sangat baik, 21,9% baik, 43,8% cukup, 28,1% untuk kategori rendah. 3). Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 16,96150012, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,17 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,56. Dengan demikian Freg = 16,96150012 > Ftabel, sehingga hasilnya signifikan. Koefisien determinasinya adalah r2xy = 0,36117884= 36,1%. Ini berarti bahwa sebesar 36,1% variasi kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (Y) dapat dijelaskan oleh berfikirkreatif.
Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis terdapat pengaruh berfikir kreatif terhadap kemandirian belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Miftahul Hidayah Jinggotan Kec. Kembang Jepara Tahun 2015/2016 diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Berfikir Kreatif dan Kemandirian. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 06:09 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 06:09 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3667 |