PESANTREN SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN Dr. ZUBAEDI, M.Ag., M.Pd.)

INTAN AFSARI PUTRI, 131310000774 (2017) PESANTREN SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (STUDI ANALISIS PEMIKIRAN Dr. ZUBAEDI, M.Ag., M.Pd.). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000774_COVER.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_BAB II.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_BAB III.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_BAB IV.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000774_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia sampai sekarang tetap memberikan kontribusi penting di bidang sosial keagamaan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat (indigenous) pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya mampu menjaga dan mempertahankan keberlangsungan dirinya (survival system) serta memiliki model pendidikan multi aspek, selain itu pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mengalami perkembangan bentuk sesuai dengan perubahan zaman, terutama adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pesantren juga telah memberikan tanggapan positif terhadap pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Dalam dinamika pembangunan, pesantren kembali membuktikan diri sebagai elemen penting bangsa. Sebagai lembaga sosial kemasyarakatan dibuktikan dengan diharapkannya kehadiran pesantren dalam masyarakat. Kehadiran di sini dimaksudkan dalam rangka changing and developing masyarakat. Di bidang ini pesantren sangat dikagumi karena pandai merubah perilaku masyarakat, memotivasi, atau melakukan perubahan-perubahan terhadapnya sekalipun terdapat keluhan akan adanya pesantren yang bersifat eklusif, tertutup dengan masyarakat lingkungannya, namun umumnya masyarakat sekitar pesantren mengalami perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.
Dalam penelitian ini ada rumusan masalah yaitu bagaimana pemikiran Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd. tentang pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat, dan bagaimana tujuan pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat, yang kemudian dianalisa sehingga menghasilkan jawaban yaitu Pendidikan berbasis masyarakat adalah pendidikan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, salah satu dari pendidikan berbasis masyarakat adalah pesantren. Tujuan utama dari didirikannya pondok pesantren ini sejak pertama kali adalah mendidik generasi muda agar memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dengan baik, untuk membentuk karakter para santri yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berpengetahuan dan berwawasan luas, serta memiliki jiwa yang peka terhadap kondisi masyarakat di lingkungannya.
Data dari penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan data, maka dalam penganalisaannya penulis menggunakan kajian pustaka, maka kajian pustaka dimulai dengan pelaksanaan kepustakaan. Dalam pengolahan data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisa dengan menggunakan metode deduktif, metode induktif dan metode deskriptif.
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan Islam dalam kehidupan, serta mengenalkan kepada masyarakat tentang pesantren sebagai model pendidikan berbasis masyarakat yang dapat digunakan sebagai landasan dan masukan baru dalam pengembangan pesantren khususnya dan pendidikan Islam pada umumnya. Pendidikan berbasis masyarakat merupakan perwujudan dari demokratisasi pendidikan melalui perluasan pelayanan pendidikan untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat turut serta memikul tanggung jawab pendidikan. Secara sederhana masyarakat dapat diartikan sebagai kumpulan individu dan kelompok yang diikat oleh kesatuan negara, kebudayaan dan agama. Pesantren merupakan jenis pendidikan berbasis masyarakat maka penerapan managemen di lembaga ini harus memperlihatkan aspek-aspek managemen pendidikan berbasis masyarakat. Penerapan managemen pendidikan berbasis masyarakat di pesantren antara lain; Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pengawasan (controlling), Penganggaran (Budgeting), Evaluasi (evaluation).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Subaidi,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Pendidikan, Masyarakat.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:05
Last Modified: 09 Jun 2022 03:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item