PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS III MI. MANABIUL ULUM BALONG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TP. 2016 / 2017

IKA YULITASARI, 131310001470 (2017) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS III MI. MANABIUL ULUM BALONG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TP. 2016 / 2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001470_COVER.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_BAB 1.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_ BAB II.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_BAB III..pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_ BAB IV..pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_BAB V..pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001470_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pemberian tugas, prestasi belajar Fikih dan sejauhmana pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa Kelas III MI. Manabiul Ulum Balong Jepara.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III MI. Manabiul Ulum Balong Jepara. Yang sekaligus dijadikan sampel dengan jumlah 21 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Variabel X merupakan pemberian tugas dan variabel Y merupakan prestasi belajar Fikih. Data yang diperoleh adalah hasil angket dan tes, kemudian dianalisis dengan persamaan regresi (uji varians garis regresi), uji korelasi, dan hipotesis.
Hasil analisis data, menunjukan bahwa pelaksanaan pemberian tugas dalam pembelajaran Fikih termasuk kategori cukup baik dengan skor rata-rata angket sebesar 59. Prestasi belajar Fikih termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 74, 52. Dan pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa Kelas III MI. Manabiul Ulum Balong Jepara Dalam uji Freg diketahui bahwa nilainya sebesar 24,63 kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan Ftabel (Ft), baik pada taraf kepercayaan 95% maupun 99%. Dengan demikian, Freg 24,63 > Ft (0,05= 4,38) dan Freg 24,63 > Ft (0,01= 8,18). Karena hasil Freg lebih besar dari Ft, berarti hasilnya ada pengaruh antara pemberian tugas dengan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan kriteria uji, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh pada pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa Kelas III MI. Manabiul Ulum Balong Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid.M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberian Tugas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:34
Last Modified: 09 Jun 2022 02:34
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item