STUDI KOMPARASI HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA YANG TIDAK TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DI SMK AL HUSAIN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IDA KHOMSATUN NADHIROH, 131310000898 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA YANG TIDAK TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DI SMK AL HUSAIN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000898_ COVER DAN HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ BAB II.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ BAB III.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000898_ COVER DAN HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) perbedaan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Tahun Pelajaran 2016/2017.
Manfaat penelitian ini adalah : (1) Secara Teoritis (a) dapat mengetahui hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, (b) dapat mengetahui hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, (c) dapat mengetahui perbedaan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Secara Praktis (a) hasil penelitian ini dapat memberikan masukan-masukan yang berharga untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, (b) bagi lembaga pendidikan, dalam hal ini lembaga pendidikan SMK Al Husain Keling, penelitian ini bisa membantu tercapainya tujuan sekolah yang telah ditetapkan, (c) bagi guru, Sebagai bahan masukan dan evaluasi untuk mengadakan perbaikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). (d) bagi siswa, diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajarnya, karena salah satu tolak ukur keberhasilan siswa diperoleh melalui prestasi belajar baik secara kualitas maupun secara kuantitas, (e) bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dalam bidang penelitian.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 411 siswa. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 40 siswa, yang terdiri dari 15 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 25 siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren. Oleh karena itu penelitian ini adalah penelitian sampel.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren sebagai variabel X dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren sebagai variabel Y.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yaitu nilai Ulangan Harian (UH), nilai Ulangan Tengah Semester (UTS), dan nilai Ulangan Akhir Semester (UAS).
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus Independent Sample T-Test. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil pembelajaran siswa sebesar 8,092. (2) hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil pembelajaran siswa sebesar 7,942. (3) ada perbedaaan yang positif dan signifikan hasil pembelajaran Pendidikan Agam Islam (PAI) siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren di SMK Al Husain Keling Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik dengan rumus Independent Sample T-Test yang menunjukkan signifikansi pada taraf 5% dengan besarnya t hitung = 2,979. Kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan df = 38, pada taraf signifikansi 5% = 2,021. Sehingga hasil tersebut signifikan, karena t hitung lebih besar dibandingkan t tabel.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan, khususnya bagi civitas akademika di SMK Al Husain Keling Jepara sebagai tempat penelitian dan bagi pihak-pihak yang membutuhkan, khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan,M.M.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:27
Last Modified: 08 Jun 2022 06:27
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item