STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR Al-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI AL- ISLAM KRASAK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HUSNIYATUL MAZIDAH, 131310001198 (2017) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR Al-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI AL- ISLAM KRASAK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001198_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_BAB 1.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_BAB II.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_BAB III.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_BAB IV.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001198_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimanakah guru melaksanakan evaluasi hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MI (2) Untuk mengetahui bagaimanakah kenyataan pelaksanaan evaluasi hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Al-Islam Krasak Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Al-Islam Krasak Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitin yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat antara kaitan variabel-variabel yang ada. Adapun subyek penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadits dan siswa kelas V sejumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah anaalisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Pelaksanaan evaluasi belajar Al-Qur’an Hadits di MI harus sesuai kompetensi yang dituntut kurikulum, yaitu meliputi kemampuan membaca, menulis, menghafal dan menerjemahkan surat atau ayat yang diajarkan. Teknik penilaian harus sesuai dengan kompetensi yang diajarkan yaitu : tes lisan dan tes tertulis. Adapun waktu pelaksanaan evaluasi hasil belajar adalah : pada setiap akhir pembelajaran (post tes), setiap satu kompetensi (ulangan harian), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Sekolah (UAS). 2. Pelaksanaan evaluasi Al-Quran Hadits di Kelas V MI Al- Islam Krasak meliputi : tes lisan, tes tertulis, Ulangan Harian (UH) Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Akhir Sekolah (UAS). 3. Faktor pendukung pelaksanaan evaluasi di MI Al- Islam Krasak Bangsri meliputi kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi dan siswa. Adapun Faktor penghambat pelaksanaan evaluasi hasil belajar Al-Qur’an Hadits Kelas V di MI Al-Islam Krasak Bangsri meliputi siswa, waktu pembelajaran dan suasana yang kurang kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin,M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:27
Last Modified: 08 Jun 2022 02:27
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item