STUDI ANALISIS MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGATASI KELEMAHAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MENURUT ABUDDIN NATA

HASAN BASHORI, 131310000508 (2017) STUDI ANALISIS MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGATASI KELEMAHAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MENURUT ABUDDIN NATA. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000508_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_BAB II.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_BAB III.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000508_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Library Research, dengan sumber data primer buku manajemen pendidikan mengatasi kelemahan pendidikan islam di Indonesia karya Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A. dan buku manajemen pendidikan islam karya Dr. KH. U. SAEFULLAH, M.M.Pd.. Dan buku-buku lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini, jurnal-jurnal, dan data-data lainnya yang bersangkutan dengan tema skripsi ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen dan problematika pendidikan Islam. Manajemen berasal dari bahasa Inggris to manage yang berarti mengatur, mengurus, atau mengelola. Istilah-istilah pendidikan ada tiga kata yang berhubungan dengan pendidikan Islam, yaitu al tarbiyah, al ta’lim, dan al ta’dib. Jadi, Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara islami dengan cara menyiasati dengan sumber-sumber belajar yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Manajemen pendidikan disusun agar pendidikan yang ada dapat bersaing dengan tantangan pendidikan masa depan. Tantangan pendidikan di Indonesia saat ini menjadi tantangan yang tidak ringan. Dengan adanya Problematika pendidikan Islam di Indonesia yang meliputi: Pertama, problem kerangka dan pendidikan Islam. Kedua, problem pendidikan Islam memasuki abad ke-21. Ketiga, Problem dikotomi dalam sistem pendidikan Islam. Keempat, Problem metodologis dalam pendidikan Islam. Kelima, Problem proses belajar mengajar (interaksi guru – murid) dalam pendidikan Islam. Dan Keenam, Problem ketidakserasian kurikulum dalam pendidikan Islam. Problem-problem inilah yang menghambat kinerja lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan Islam tidak mampu bersaing di era globalisasi saat ini.
Dalam manajemen pendidikan ada beberapa hal yang harus di pahami lembaga pendidikan Islam. Salah satunya adalah ruang lingkup atau macam-macam manajemen pendidikan Islam yang sering menjadi tantangan dunia pendidikan Islam selama ini. Meliputi: Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Manajemen Personalia, Manajemen Peserta didik, Manajemen Administrasi Sekolah/Madrasah, Manajemen Sarana dan Prasarana, Manajemen Keuangan, Manajemen Hubungan Masyarakat. Inilah yang selama ini menjadi problematika pendidikan Islam. Dengan penataan dan manajemen yang baik, maka pendidikan Islam akan mampu menjawab tantangan di era globalisasi sekarang ini. Masalah pendidikan adalah merupakan masalah yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan merupakan usaha dari manusia dewasa yang telah sadar akan kemanusiaannya, dalam membimbing, melatih, mengajar, dan menanamkan nilai-nilai serta dasar-dasar pandangan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DRS. Achmad Slamet,M.Si.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:26
Last Modified: 08 Jun 2022 02:26
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item