IMA RAHMAWATI, 161340000017 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PLASTISIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK URWATIL WUTSQO DESA NGROTO KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 161340000017_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 161340000017_BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. 161340000017_BAB II.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. 161340000017_BAB III.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. 161340000017_BAB IV.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
6. 161340000017_BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 161340000017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. 161340000017_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (963kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menjelaskan kemampuan mengenal huruf abjad peserta didik kelompok B TK Urwatil Wutsqo desa Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara sebelum menggunakan media Plastisin.(2) Untuk menjelaskan kemampuan mengenal huruf abjad peserta didik kelompok B TK Urwatil Wutsqo desa Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara sesudah menggunakan media Plastisin.(3) Untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Plastisin dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad peserta didik kelompok B TK Urwatil Wutsqo desa Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Nonequivalent Control Group Desain, desain inihampir sama dengan Pretest-post-test Control Group Desain namun, pada desain eksperimen ini kelompok ekperimen maupun kelompok kontrol tidak diambil secara random. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat, adapun variabel bebas (X) adalah media Plastisin sedangkan variabel terikat (Y) adalah mengenalkan huruf abjad AUD. Sumber untuk memperoleh data pada penilitian ini yaitu dengan tekhnik tes lisan, tes lisan bertujuan untuk mengetahuan kemampuan anak sesuai dengan kompetensinya. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis SPSS 21. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dengan menggunakan media Plastisin peserta didik menjadi aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran (2) terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengenal huruf abjad, hal tersebut dapat terlihat bahwa nilai sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 maka sebagaimana dalam mengambil keputusan dalam Uji Independent Sample T Test pada nilai post-test terdapat perbedaan dengan mengunakan media Plastisin. Dengan kta lain Ha diterima dan H0 ditolak dengan begitu ada peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad pesrta didik kelompok B TK Urwatil Wutsqo Desa Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar khususnya dalam mengenal huruf abjad.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Khalimaus Sa`diyah, M.Pd.I Pembimbing II : Naili Rohmah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media, Plastisin, Huruf Abjad, Peserta Didik Kelompok B |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 01:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/350 |