PENGARUH WAKTU TUNGGU DAN LAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Puskesmas Kedung II Kabupaten Jepara)

AHMAD MUKHTAFIN, 131110000854 (2017) PENGARUH WAKTU TUNGGU DAN LAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Puskesmas Kedung II Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131110000854_COVER.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_BAB I.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_BAB II.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_BAB III.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_BAB IV.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131110000854_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Di Jepara telah mengalami perkembangan pelayanan kesehatan, di kecamatan Kedung sendiri telah memiliki 2 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu. Mutu pelayanan kesehatan bagi pasien lebih terkait pada dimensi ketanggapan petugas memenuhi kebutuhan pasien, komunikasi petugas dengan pasien, empati, keramahan petugas dalam melayani pasien dan kesembuhan penyakit yang sedang di alami sehingga menimbulkan kepuasaan terhadap pasien. Pelayanan di puskesmas telah digratiskan,. gratisnya pelayanan kesehatan hingga mendapat obat ini, digunakan masyarakat untuk berobat, sehingga tiap hari banyak yang antri untuk mendapat pelayanan, dan hal ini yang membuat pasien harus menunggu untuk mendaftar, cek kesehatan hingga menunggu untuk mendapatkan obat.
Untuk menganalisis pengaruh waktu tunggu pasien dan layanan prima secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kedung II Jepara, populasi penelitian ini adalah 27,194 Pasien pada tahun 2016. Dengan mengunakan rumus Slovin, maka diperoleh sample sebanyak 100 orang dengan cara accidental sampling. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakanan analisis regresi linier berganda melalui uji t untuk pengaruh layanan prima terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedung II Jepara diketahui nilai thitung = 5,438> ttabel (1,660) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa layanan prima mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedung II Jepara. Hasil uji t untuk pengaruh waktu tunggu terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedung II Jepara diketahui nilai thitung = 4,374> ttabel (1,660) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa waktu tunggu mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedung II Jepara. Hasil uji F (secara simultan) menunjukkan bahwa nilai Fhitung (163,745) > Ftabel (3,09), dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa waktu tunggu dan layanan prima secara bersamaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedung II Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Anna Widiastuti,S.E.,M.Si. Pembimbing II : Hadi Ismanto,S.E.,M.M.
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu, Layanan Prima dan Kepuasan Pasien.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:20
Last Modified: 07 Jun 2022 02:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item