STUDI ANALISIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Buku Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam Karya Dr. Mansur, M.A.)

FATMA FAELA SHUFA, 131310000759 (2017) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Buku Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam Karya Dr. Mansur, M.A.). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000759_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_ BAB II.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_ BAB III.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_BAB IV.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000759_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam tentang pendidikan anak usia dini. 2) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan anak usia dini menurut Dr. Mansur, M.A. 3) Untuk mendeskripsikan analisis pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam menurut Dr. Mansur, M.A.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analisys (analisis kandungan pemikiran) dan metode analisis deskriptif dengan pendekatan deduktif dan induktif. Dalam hal ini, yang akan diuraikan adalah pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam menurut Dr. Mansur, M.A. kajian buku pendidikan anak usia dini dalam Islam karya Dr. Mansur, M.A.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Dr. Mansur, MA. pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani (moral dan spiritual), motorik, akal pikiran, emosional dan sosial yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan demikian jelas bahwa pendidikan anak usia dini adalah memberi bekal kepada anak, upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh serta menyiapkan anak sejak usia dini untuk memperoleh kesempatan dan pengalaman yang dapat membantu perkembangan selanjutnya. Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam menurut Dr. Mansur, MA. pada hakekatnya adalah pendidikan anak usia dini meliputi serangkaian proses aktifitas manusia yang merupakan kerangka dasar konsep pendidikan anak usia dini yang tidak bisa dipisahkan dengan masa sebelumnya yakni dalam kandungan sebelum lahir (prenatal), sekitar saat kelahiran (perinatal), saat berkelahiran (neonatal) dan setelah kelahiran (postnatal). Adapun materi yang diberikan yaitu dengan menanamkan nilai-nilai ajaran Islam yang meliputi, akidah, ibadah dan akhlak. Apabila dikaitkan dengan pendidikan Islam, maka pendidikan anak usia dini merupakan masa yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa yang akan datang. Perilaku tindakan-tindakan orang tua atau pendidik yang bersifat mendidik (edukatif) secara Islam mempunyai pengaruh besar di masa selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:42
Last Modified: 06 Jun 2022 02:42
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item