FATHUL MU’IN, 131310001426 (2017) STUDI ANALISIS PENERAPAN METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI ISLAMIYAH KUNIR KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.
131310001426_COVER.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
131310001426_BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
131310001426_BAB II.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
131310001426_ BAB III.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
131310001426_BAB IV.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
131310001426_BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
131310001426_ daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Penerapan metode Qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara. 2. Faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh inforasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, danmelihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. Adapun yanag menjadi subyek penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadits, siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V Mi Islamiyah Kunir Keling Jepara meliputi: Pertama, persiapan meliputi : guru melakukan appersepsi melalui mengucapkan salam, siswa berdo’a, mengabsen siswa, membahas jawaban pekerjaan rumah ( PR ). Kedua, penerapan metode dengan langkah guru membacakan dan menjelaskan surat dalam materi siswa mendengarkan, guru menyuruh siswa membaca surat al-kafirun dan surat al-ma’un dan menyuruh siswa menjelaskan isi kandungannya. Ketiga pada waktu akhir pembelajaran dengan langkah guru memberikan pekerjaan rumah (PR). Berdasarkan langkah tersebut dalam penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Kleing Jepara tidak adanya siswa mendiskusikan bacaan materi tersebut atau memahami isi kandungan ayat-ayat tersebut.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dalam pemebelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara. Adapaun beberapa faktor yang mempengaruhi meliputi: guru, siswa, metode pembelajaran yang lain dan media pemebelajaran. Faktor yang paling besar pengaruhnya dalam penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah dari siswa karena siswa sebagai subyek dan obyek dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Qira’ah, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:40 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3445 |