STUDI ANALISIS PENERAPAN METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI ISLAMIYAH KUNIR KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FATHUL MU’IN, 131310001426 (2017) STUDI ANALISIS PENERAPAN METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI ISLAMIYAH KUNIR KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001426_COVER.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_BAB II.pdf - Published Version

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_ BAB III.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_BAB IV.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001426_ daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Penerapan metode Qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara. 2. Faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh inforasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, danmelihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. Adapun yanag menjadi subyek penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadits, siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif.
Penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V Mi Islamiyah Kunir Keling Jepara meliputi: Pertama, persiapan meliputi : guru melakukan appersepsi melalui mengucapkan salam, siswa berdo’a, mengabsen siswa, membahas jawaban pekerjaan rumah ( PR ). Kedua, penerapan metode dengan langkah guru membacakan dan menjelaskan surat dalam materi siswa mendengarkan, guru menyuruh siswa membaca surat al-kafirun dan surat al-ma’un dan menyuruh siswa menjelaskan isi kandungannya. Ketiga pada waktu akhir pembelajaran dengan langkah guru memberikan pekerjaan rumah (PR). Berdasarkan langkah tersebut dalam penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Kleing Jepara tidak adanya siswa mendiskusikan bacaan materi tersebut atau memahami isi kandungan ayat-ayat tersebut.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan metode qira’ah dalam pemebelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Islamiyah Kunir Keling Jepara. Adapaun beberapa faktor yang mempengaruhi meliputi: guru, siswa, metode pembelajaran yang lain dan media pemebelajaran. Faktor yang paling besar pengaruhnya dalam penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah dari siswa karena siswa sebagai subyek dan obyek dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Qira’ah, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:40
Last Modified: 06 Jun 2022 02:40
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item