IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MTS. MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EVI MUWAVIQOH, 131310000756 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MTS. MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310000756_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_ BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_BAB 2.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_ BAB 3.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_BAB 4.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_BAB 5.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000756_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Untuk mengetahui bagaimanakah Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu 1) Metode pengumpulan data, sebagai berikut: (a). metode observasi untuk mengamati secara langsung pada guru dan siswa waktu proses belajar mengajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas VII ; (b) metode wawancara dengan megumpulkan data-data dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Guru mapel Al Qur’an Hadits, dan TU; (c) metode dokumentasi data mengenai letak geografis, stuktur organisasi, jumlah guru dan karyawan, pembelajaran Al Qur’an Hadits, jumlah siswa serta kondisifasilitas atau sarana prasarana ; 2) Metode Analisis Data, dalam penelitian ini penulis menyajikannya dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Untuk itu teknik yang digunakan dalam menganalisa data kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik deskriptif analitik non statistik, yaitu penyelidikan yang tertuju pada masa sekarang atau masalah-masalah
Hasil penelitian adalah dengan menggunakan kurikulum 2013 di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara dilakukan dengan pendekatan kepada peserta didik guna untuk menggali kepribadian, atau karakter peserta didik, menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus yang disusun dengan guru MGMP dengan beberapa sekolah lain dan juga penyusunan RPP secara individu. Langkah-langkah kegiatan pembeajaran dalam RPP diorganisasikan menjadi kegiatan pendahuluan, Inti, dan penutup. Kegiatan inti ini dijabarkan lebih lanjut menjadi rincian dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni : mengamati, menanya, mengunpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan inti guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, yakni kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan. Penilaian yang dilakukan di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara pada mata pelajaran AlQur’an hadits sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu : sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kurikulum 2013 antara lain: Penilaian, Kesulitan guru dalam menjadikan peserta didik lebih aktif, Kesulitan guru dalam memancing siswa untuk bertanya, Keterbatasan sumber belajar (buku), Kegaduhan dilingkungan kelas/ sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Mahalli,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Al Qura’an Hadits.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:35
Last Modified: 06 Jun 2022 02:35
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item