PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU DAN BIMBINGANNYA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MI MATHOLIUL FALAH 01 TULAKAN KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EVI ENDRIYANI, 131310001618 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU DAN BIMBINGANNYA DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MI MATHOLIUL FALAH 01 TULAKAN KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001618_COVER.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_ BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_ BAB II.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_ BAB III.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_BAB IV.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_BAB V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001618_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui tingkat pendidikan ibu siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018, (2) Mengetahui bimbingan ibu dalam belajar siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018, (3) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018, (4) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan ibu dan bimbingannya dalam belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018.
Judul penelitian ini terdiri atas 3 (tiga) variabel yaitu tingkat pendidikan ibu sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X1), bimbingan ibu dalam belajar sebagai variabel bebas kedua (variabel X2) dan hasil belajar Fiqih sebagai variabel terikat (variabel Y). Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes tertulis dengan teknik korelasional. Dokumentasi digunakan untuk mencari data tingkat pendidikan ibu, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data bimbingan ibu dalam belajar kemudian tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Populasinya adalah siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 130 siswa. Karena populasi cukup banyak, maka diambil sampel secara claster, pada siswa kelas IV dan V yang berjumlah 47 orang atau sebesar 36%.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi dua predictor. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: (1). Tingkat pendidikan ibu siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018 adalah berpendidikan SD/MI dan SMP/MTs yaitu masing-masing frekuensinya sebesar 16 orang atau sebesar 34% dari 47 responden. Selanjutnya urutan berpendidikan SMA/MA ada 13 orang dengan persentase sebesar 28% dan berpendidikan D3-S1 ada 2 orang atau sebesar 4%, (2) Bimbingan ibu dalam belajar siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018 adalah cukup. Dari skor rata-rata hasil angket kepada 47 siswa kelas IV dan V yaitu sebesar 32,30 berarti berada pada cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 27 – 34, (3) Hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018 adalah cukup. Dari skor rata-rata hasil tes belajar Fiqih kepada siswa kelas IV dan V yaitu sebesar 71,68 berarti berada pada kategori baik karena berada pada nilai interval yang berjarak 70 – 79, (4) Ada pengaruh positif yang signifikan tingkat pendidikan ibu dan bimbingannya dalam belajar terhadap hasil belajar Fiqih siswa MI Matholiul Falah 01 Tulakan Donorojo Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil analisis dengan rumus regresi ganda menunjukkan taraf signifikansi pada taraf 5% ataupun 1%. Di mana besarnya Freg yaitu 21,98, kemudian dibandingkan dengan Ftabel dengan df = 2 : 44, untuk taraf signifikansi 1% = 5,12 dan untuk taraf signifikansi 5% = 3,21. Selain itu ditemukan pula rdeterminasi sebesar 38% berarti tingkat pendidikan ibu dan bimbingannya dalam belajar mempengaruhi sebesar 38% terhadap hasil belajar Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Ibu, Bimbingan Ibu Dalam Belajar, Hasil Belajar Fiqih.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:25
Last Modified: 06 Jun 2022 02:25
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item