Search for collections on Publications

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “RINDU” KARYA TERE LIYE

AHMAD FARRIH SANTOSO, 131310000641 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL “RINDU” KARYA TERE LIYE. Skripsi thesis, UNISNU.

[thumbnail of 1. 131310000641_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 131310000641_COVER.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 2. 131310000641_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 131310000641_BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 3. 131310000641_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 131310000641_BAB II.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 4. 131310000641_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 131310000641_BAB III.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 5. 131310000641_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 131310000641_BAB IV.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 6. 131310000641_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 131310000641_BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7. 131310000641_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 131310000641_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah proses memanusiakan manusia, yaitu proses menjadikan manusia sebagai insan kamil yang berfungsi untuk mengelola bumi ini. Akan tetapi dengan adanya konflik horizontal dewasa ini mengindikasikan adanya kegagalan pendidikan yang dilakukan selama ini. Mulai dari pendidikan dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan pendidikan sekolah kurang memiliki kemampuan mengelola konflik dan kekacauan tersebut.
Metode cerita merupakan cara mendidik yang mengandalkan bahasa lisan maupun tulisan dalam wujud interaksi antara pendidik dan peserta didik. Dalam pendidikan Islam, cerita yang mengandung hikmah sangat efektif untuk menarik perhatian anak dan merangsang otaknya dengan baik karena dengan mendengarkan cerita atau membaca cerita anak merasa senang sekaligus menyerap nilai-nilai pendidikan tanpa merasa dijejali atau tertekan. Dalam hal ini, metode cerita berupa novel, yaitu sebuah karya sastra yang kini sangat digandrungi oleh para civitas akademika sampai masyarakat umum, terutama mereka yang mengenyam pendidikan setara SMP sampai perguruan tinggi.
Salah satu novel yang memuat nilai-nilai pendidikan Islam adalah novel Rindu karya Tere Liye, dimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam secara tersirat maupun tersurat banyak didapati di novel ini. Bahwa salah satu di antaranya yang sangat mencolok adalah tentang nasihat menasihati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam novel Rindu karya Tere Liye yang merupakan sebuah karya sastra. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan dalam pendidikan agama islam
penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analisys). Dalam hal ini penulis akan mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Rindu.
Berdasarkan analisis data dan penelitian yang dilakukan oleh penulis, terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Rindu dapat disimpulkan bahwa dalam novel ini memiliki 3 nilai pendidikan Islam yang utama yaitu yaitu nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan akhlak dan nilai pendidikan ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Maswan.M.M.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
800 Kesusastraan > 813 Fiksi Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 May 2022 03:02
Last Modified: 12 May 2022 03:02
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item
View Item