MIKE FATMAWATI, 141310003145 (2018) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA (Studi Analisis Buku “Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga” karya Dr. H. Amirullah Syarbini, M.Ag.). Skripsi thesis, UNISNU.
141310003145_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003145_BAB I.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
141310003145_BAB II.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
141310003145_BAB III.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
141310003145_BAB IV.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
141310003145_BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
141310003145_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Peneliti melakukan penelitian dari buku Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga” Karya DR. H.Amirullah Syarbini, M.Ag, yang dianggap buku tersebut memiliki konsep tentang model pendidikan karakter dalam keluarga. Sehingga tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui model pendidikan karakter dalam keluarga Menurut Dr. H. Amirullah Syarbini, M.Ag. 2). Untuk mengetahui relevansi model pendidikan karakter Menurut Dr. H. Amirullah Syarbini, M.Ag. dalam keluarga sakinah. 3). Untuk mengetahui implementsi model pendidikan karakter Menurut Dr. H. Amirullah Syarbini, M.Ag dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah.
Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik penelitian kepustakaan (library research). Dan teknik analisis datanya menggunakan tiga teknik analisis data yaitu teknik interpretasi data, teknik deskriptif, dan teknik berfikir deduktif-induktif.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah: 1. Model pendidikan karakter dalam keluarga menurut DR. H. Amirullah Syarbini, M. Ag., mengadobsi dari basic teaching dimana terdapat tujuan, program, proses, dan evaluasi. 2. Relevansi pendidikan karakter dalam keluarga menurut DR. H. Amirullah Syarbini M. Ag., dengan keluarga sakinah terdapat pada tujuan dan program. Pada bagian tujuan relevan dengan konsep keluarga sakinah. dimana tujuan pendidikan karakter diharapkan dapat mewujudkan konsep keluarga sakinah. dan Pada bagi program pendidikan karakter dalam keluarga ini relevan dengan pilar-pilar keluarga sakinah yang dicontohkan Rasulullah. 3. Implementasi model pendidikan karakter di sekolah sebagai berikut: a. Tujuan diimplementasikan dalam tujuan kurikulum 2013 b. Program diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, pembinaan kesiswaan, workshop therapy, pembiasaan, dan peraturan di sekolah. d. Proses dapat diimplementasikan dalam menginteksikan komponen kurikulum 2013, serta proses komunikasi diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dengan pemilihan metode. e. Evaluasi diimplementasikan dengan penilaian karakter yang mengguanakan instrumen non tes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model, Pendidikan Karakter, Keluarga. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 11 May 2022 01:42 |
Last Modified: | 11 May 2022 01:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3322 |