IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SRIKANDANG III BANGSRI JEPARA TP.2017/2018

MUHAMMAD ARIF RAHMAN, 131310001642 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SRIKANDANG III BANGSRI JEPARA TP.2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001642_COVER.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_BAB II.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_BAB IV.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001642_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui dan mendiskripsikan tentang implementasi pendekatan keterampilan proses pada materi bidang studi fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri Jepara. (2) Mengetahui implementasi pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri Jepara.
Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Metodologi kuantitatif adalah yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis.
Hasil pembahasan: Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang 03 dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Fiqih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan Proses. Implementasi model pembelajaran pendekatan keterampilan Proses dalam pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang 03 berjalan dengan baik; mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pendekatan keterampilan proses. Model pembelajaran pendekatan keterampilan Proses merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materiyang telah diperoleh oleh peserta didik ke dalam dunia nyata. Siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan.MM.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Pembelajaran, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:32
Last Modified: 27 Apr 2022 02:32
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item