PENDIDIKAN AKHLAK K.H. BISRI MUSTOFA (Studi Analisis Dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati)

MUHAMMAD LUTHFIL KARIM, 141310003226 (2018) PENDIDIKAN AKHLAK K.H. BISRI MUSTOFA (Studi Analisis Dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati). Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
141310003226_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_BAB II.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_BAB III.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_BAB IV.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003226_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pendidikan akhlak yang terkandung dalam syi’ir mitra sejati karya Kyai Bisri Musthofa. dan implementasi pendidikan akhlak syi’ir mitra sejati dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Pendidikan Akhlak KH. Bisri Musthofa dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan teknik mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi yang ada dalam kepustakaan. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada Pendidikan Akhlak KH. Bisri Musthofa dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati, sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan penelitian hermeneutika adalah studi pemahaman, khususnya tugas pemahaman teks. tugas pokok hermeneutika adalah sebagaimana menafsirkan sebuah teks klasik dan asing menjadi milik kita yang hidup di zaman dan tempat berbeda.
Hasil penelitian mengenai Pendidikan Akhlak KH. Bisri Musthofa dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati menunjukkan, pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa pendidikan, maka diyakini bahwa manusia sekarang tidak akan berbeda dengan generasi manusia masa lampau, bahkan mungkin saja malah lebih rendah atau buruk kualitasnya. Sedangkan pendidikan akhlak adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting mengenai penjabaran sikap dan tata laku yang baik dan buruk seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu dan kehidupan sosialnya. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Syi’ir Mitra Sejati adalah yang pertama dalam segi nilai sosial yaitu pendidkan akhlak bermasyarakat, menghormati orang tua, akhlak kepada guru` dan akhlak kepada teman. Adapun dari segi nilai moralitas yaitu bersyukur, jujur, menjaga kesucian diri dan cinta tanah air. Implementasi nilai pendidikan akhlak pada kitab Syi’ir Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa dalam kehidupan sehari-hari, meliputi: menceritakan kepada anak-anak tentang pengorbanan orang disekitar kita, berbakti dan membalas budi kepada orang tua, memberi salam dan menjabat tangan serta mencium tangannya, berbicara yang lembut dan manis kepada teman, setelah makan bersyukur dengan cara berdoa, menjaga amanah dengan baik, menjaga kebersihan makanan dan tempat kita dan bangga terhadap budaya bangsanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Analisis, Syi’ir Mitra Sejati,
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:28
Last Modified: 27 Apr 2022 02:28
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item