STUDI ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MEMAHAMI INTISARI AL QUR’AN SURAT AL FILL SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA UJUNGWATU 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUNIFATUN ALIFA, 131310001619 (2018) STUDI ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MEMAHAMI INTISARI AL QUR’AN SURAT AL FILL SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA UJUNGWATU 02 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
131310001619_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_BAB I.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_BAB II.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_BAB V.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001619_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an surat Al-Fill siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 02 Ujungwatu tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui kemampuan siswa membaca dan menulis surat Al-Fiil siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 02 Ujungwatu tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui kemampuan siswa memahami intisari surat al-Fiil siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 02 Ujungwatu tahun pelajaran 2017/2018.
Kemampuan membaca siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 02 Ujungwatu dapat dikatan baik hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa dapat membaca dengan baik dan nilai yang sangat menyenangkan, dengan lancar dan tajwidnya pun sangat baik, meskipun terdapat siswa yang kurang baik dalam membaca tapi 90% sudah bias membaca dengan baik. Siswa juga disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran Al-Qur’an. Guru dalam mengajar juga menggunakan metode pembelajaran demosntrasi dan penugasan (resitasi) serta dibuktikan dengan guru membuat perangkat pembelajaran serta alat peraga dalam mengajar.
Kemampuan siswa dalam menulis dikatakan baik, karena hampir setiap siswa kelas III dapat nenulis Al-Qur’an khususnya surat Al-Fill dengan lancar dan baik, meskipun terdapat siswa yang kurang bias menulis tapi 90% siswa dapat menulis dengan benar, adapun kemampuan dalam menulis masih kurang hal ini karena siswa kurang menghafal huruf serta kurangnya merangkai huruf arab, dari segi tulisan pun kurang baik.
Kemampuan siswa dalam memahami intisari surat Al-Fiil sudah cukup baik, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa diharuskan menghafal surat serta artinya, sehingga dalam memahami intisari surat Al-Fiil sangat baik, demikian diperoleh dari hasil tes serta hasil wawancara yang menunjukkan siswa hafal surat Al-Fiill beserta dengan artinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:15
Last Modified: 27 Apr 2022 02:15
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item