PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VI DENGAN METODE SNOWBALL THROWING DI MI DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NENENG LUXKITA SARI, 141310003038 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VI DENGAN METODE SNOWBALL THROWING DI MI DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU.

[img]
Preview
Text
141310003038_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_BAB IV.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar pada materi Asmaul Husna kelas VI dengan metode Snowball Throwing di MI Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang terjadi di sekolah selama ini, yaitu seorang guru berperan aktif dan siswanya berperan pasif. Dengan demikian perlu adanya perubahan pada metode pembelajarannya, yang dihapkan mampu membawa hasil yang lebih baik dari pembelajaran sebelumnya.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas VI MI Darul Hikmah yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi Asmaul Husna kelas VI MI Darul Hikmah. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 77,16 untuk ketuntasan ada 17 siswa atau 57% dan belum tuntas ada 13 siswa atau 43%. Hasil ini sudah memenuhi KKM yaitu 75,00. Pada siklus I diperoleh penurunan hasil rata-rata kelas 66,16, ketuntasan ada 10 siswa atau 34% dan belum tuntas ada 20 siswa atau 66% berarti ada penurunan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 23%, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 72,77 dan ketuntasan ada 15 siswa atau 50% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 50%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Akan tetapi pada kedua siklus tersebut persentase ketuntasan siswa belum mencapai KKM, atau masih kurang dari 75%. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukkan pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:14
Last Modified: 25 Apr 2022 03:14
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item