PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK TPQ AT-THOHIRIYAH SUWAWAL TIMUR KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA

ROHMATIN MAGHFIROH, 141310003130 (2018) PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK TPQ AT-THOHIRIYAH SUWAWAL TIMUR KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003130_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_Bab I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_Bab II.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_Bab III.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_Bab IV.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui : 1. penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an peserta didik TPQ At-Thohiriyah Suwawal Timur Kec. Pakis Aji Kab. Jepara, 2. Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an peserta didik TPQ At-Thohiriyah Suwawal Timur Kec. Pakis Aji Kab. Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian santri TPQ At-Thohiriyah. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Penerapan pembelajaran menggunakan metode yanbu’a di TPQ Atthohiriyah Suwawal Jepara meliputi langkah-langkah sebagai berikut : a). Tahap Pendahuluan yaitu ustadzah beserta santri membaca hadlroh bersama-sama dilanjutkan dengan membaca do’a pembuka dan yang terakhir yaitu membaca Asmaul Husna. Pada tahap ini ustadzah menunjuk salah satu santri untuk memimpin pembacaan hadlroh di depan kelas dan diikuti oleh semua teman-temannya. Setelah itu ustadzah menunjuk beberapa santri untuk membaca surat-surat pendek yang sudah dihafalkan, b). Tahap inti merupakan teknik penyampaian materi disesuaikan dengan materi disetiap jilidnya, pada saat penyampaian materi ustadzah memberikan contoh materi didepan kelas kemudian menyuruh santri untuk membaca dengan halaman yang sama secara klasikal terlebih dahulu. Kemudian ustadzah menunjuk beberapa santri untuk membaca sendiri dan santri yang lain menyimak secara klasikal. Pada kelas Al-Qur’an ini tidak seperti kelas regular, artinya dalam kelas Yanbu’a disesuaikan dengan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’annya, c). Tahap Penutup yaitu Ustadz/ustadzah setelah memberikan penilaian terhadap santri, maka pembelajaran telah selesai. Tahap ini, ustadz/ustadzah meminta santri untuk melalar/mempelajari beberapa surah yang menjadi target perjilid secara klasikal. Setelah selesai, dilanjutkan membaca do’a penutup bersama-sama, 2). Faktor pendukung meliputi : Persiapan santri secara jasmani maupun psikologi, guru, dan lingkungan masyarakat, dan faktor penghambat meliputi : Rendahnya kapasitas intelektual/inteligensi santri, Labilnya emosi dari sikap, Lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:12
Last Modified: 13 Apr 2022 02:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item