ANALISIS DASA DARMA PRAMUKA BUTIR ENAM (Rajin, Terampil, Dan Gembira) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis Buku Boyman)

YUNI LARASWATI, 141310003268 (2018) ANALISIS DASA DARMA PRAMUKA BUTIR ENAM (Rajin, Terampil, Dan Gembira) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Analisis Buku Boyman). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003286_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_BAB II.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_BAB III.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_BAB IV.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003286_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Latar belakang judul ini adalah penanaman pendidikan moral pada masa remaja di era sekarang ini banyak yang dipandang sebelah mata. Hal ini disebabkan oleh dunia pendidikan telah melupakan tujuan utama pendidikan yaitu mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan secara seimbang. Dengan pendidikan kepramukaan, kita bisa mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan melalui dasa darma pramuka butir enam dan akan dihubungakan dengan tujuan pendidikan agama islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep dasa darma pramuka butir enam (rajin, terampil, dan gembira), Bagaimana konsep pendidikan agama Islam, dan Bagaimana relevansi dasa darma pramuka butir enam (rajin, terampil, dan gembira) dengan tujuan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan metode studi pustaka dengan analisis kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode: interpretatif analysis; content analysis; dan comparatif analisys. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada studi konsep dasa darma butir enam dan konsep tujuan pendidikan agama Islam.
Dari pembahasan yang sudah peneliti paparkan, maka penulis akan menyimpulkan bahwasannya rajin, terampil, dan gembira pada butir enam dalam Dasa Darma Pramuka tingkat Penggalang tersebut, terdapat kesamaan atau hubungan dengan tujuan pendidikan agama Islam, ialah sebagai berikut: 1) Ranah Kognitif (pengetahuan): Rajin belajar di Sekolah dan Rajin berusaha supaya dapat menggapai cita-cita yang diinginkan; 2) Ranah Afektif (sikap): Rajin sedekah dan menolong sesama dan Riang gembira dan penuh keikhlasan dalam melaksanakan semua pekerjaan; dan 3)Ranah Psikomotorik (keterampilan): Terampil dalam memanfaatkan benda tidak terpakai menjadi barang yang berguna danTerampil menggunakan alat gerak tubuh, misalnya tangan dan kaki untuk mengembangkan bakatnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para peserta didik, pendidik, peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lembaga-lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Dasa Darma Pramuka Butir Enam Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:24
Last Modified: 08 Apr 2022 03:24
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item