ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA SATU ATAP PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN BANDUNGHARJO DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

YUSUF MUZAZIN, 131310001606 (2018) ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA MATA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA SATU ATAP PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN BANDUNGHARJO DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
131310001606_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_BAB II.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_BAB III.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_BAB IV.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001606_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Problematika Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Akhlak Di MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Peneliti ini bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin.
Dari hasil penelitian tentang problematika implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin menunjukkan :
1. Dalam implementasi KTSP
a. Kurikulum
Menyiapkan kurikulum KTSP, data kegiatan satu tahun, jadwal pembelajaran, dan pembagian tugas guru dalam mengajar serta melakukan evaluasi.
b. Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak
berpedoman pada delapan perangkat pembelajaran.
c. Siswa
Kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa
2. Problematika implementasi mata pelejaran Aqidah Akhlak di Kelas XII guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Tetapi belum variatif.
Guru mata pelejaran Aqidah Akhlak telah sesuai sesuai dengan kualifikasi/S1
3. Faktor pendukung dan penghambat terhadap keberhasilan pembelajaran KTSP terdiri :
a. Terbatasnya fasilitas pendukung dan sumber belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.
b. Metode pembelajaran yang Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak belum mampu mengajak siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.
c. .Jumlah siswa yang melebihi kapasitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Implementasi Kurikulum KTSP.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:23
Last Modified: 08 Apr 2022 03:23
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item