IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VB MI TA’LIMUL ATHFAL GUYANGAN JEPARA

LATIFATUN NI’MAH, 141310003110 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VB MI TA’LIMUL ATHFAL GUYANGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003110_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_BAB II.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003110_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada proses pembelajaran akidah akhlak di Kelas V B MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara, 2. Implementasi model Student Teams Achievement Division (STAD) pada proses pembelajaran akidah akhlak di Kelas V B MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penelitian yang memanfaatkan tindakan nyata dalam bentuk proses pengembangan inovatif dalam kegiatan pembelajaran, yang menjadi subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VB MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara semester genap TP. 2017/2018 dengan jumlah 31 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahapan di setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun proses pembelajaran akidah akhlak dilaksanakan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan indikator keberhasilan yaitu kualitas pembelajaran mengalami peningkatan.
Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data hasil pengamatan nilai diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas belajar akidah akhlak dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap siswa kelas VB MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara khususnya mata pelajaran akidah akhlak. Berdasarkan hasil pengamatan, 1. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada pelajaran akidah akhlak dapat diterapkan dengan baik di Kelas V B MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara, 2. Implementasi model Student Teams Achievement Division (STAD) pada proses pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas V B MI Ta’limul Athfal Guyangan Jepara. Hal ini dapat diketahui dari setiap siklus mengalami persentase peningkatan penilaian tentang kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh observer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:00
Last Modified: 07 Apr 2022 07:00
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item