Search for collections on Publications

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HIDDEN CURRICULUM DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA

MUHAMMAD SALIM, 151310003498 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HIDDEN CURRICULUM DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 151310003498_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003498_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003498_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003498_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003498_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003498_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003498_BAB V.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003498_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of 151310003498_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
151310003498_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikanBagaimana bentuk-bentuk Hidden Curriculum di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.(2) Untuk mendeskripsikanBagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Hidden Curriculum di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitiannya mengambil latar MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk-bentuk hidden curriculum di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jeparayaitu : a.Tahtimul Qur’an, b. Istighosah, c. Pembacaan Surah al-Fatihah, d. Sholat Dzuhur Berjama’ah, e. Budaya bersih dan tertib2) Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam hidden curriculum di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dapat digolongkan kedalam 3 nilai pendidikan Islam yaitu : (a) Nilai pendidikan aqidah : memperdalam kecintaan terhadap Rosul SAW, Memperdalam muroqobah Allah dalam hatinya dengan senantiasa menjaga perintah Allah SWT., (b) Nilai pendidikan akhlak : Penanaman rasa kasih sayang, Kerjasama, menjaga kelestarian alam dan lingkungan, disiplin, dll., (c) Nilai pendidikan ibadah : Melakukan kewajiban kepada Allah Swt, Mendekatkan diri kepada Allah Swt, dll.,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Natsir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Hidden Curriculum
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.332 Madrasah Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:23
Last Modified: 05 Oct 2021 08:23
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item