PANDANGAN ISLAM TERHADAP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis)

ISMAH HANIFAH, 141310003245 (2018) PANDANGAN ISLAM TERHADAP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003245_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_BAB II.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_BAB III.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_BAB IV.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003245_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap Manusia, Implikasi Manusia dalam pandangan Islam terhadap Pendidikan Islam, dan Pandangan Islam terhadap Manusia serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Pandangan Islam terhadap Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis, sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penulis tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Hasil penelitian mengenai Pandangan Islam terhadap Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam adalah: Pandangan Islam terhadap manusia dan Implikasinya terhadap pendidikan Islam dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. DR. H. Ramayulis yaitu bahwa dalam Al-Qur’an terdapat istilah yang digunakan dalam menyebut manusia, yaitu: al-Basyar, Bani Adam, al-Insan, al-Nas. Serta ada dua kedudukan manusia diciptakan di muka bumi, yaitu sebagai khalifah di bumi dan sebagai hamba Allah. Serta untuk dapat melaksanakan tugas manusia, Allah membekali manusia dengan beberapa potensi. Diantaranya yaitu potensi rabbaniyah (ketuhanan), potensi spiritual (keagamaan), potensi emosional, potensi intelektual, dan potensi biologis. Dan implikasi manusia dalam pendidikan Islam dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. DR. H. Ramayulis yaitu bahwa pendidikan Islam harus meliputi segala aspek yang dibutuhkan manusia dalam rangka memperoleh keseimbangan kehidupan di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq.M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manusia dan Pendidikan Islam
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:05
Last Modified: 05 Apr 2022 07:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item