STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IMA QUDWATUL UMMAH, 131310000514 (2018) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310000574_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_BAB II.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_BAB III.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_BAB IV.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000574_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian dengan cara mencari
data tentang penggambaran keadaan atau kondisi suatu fenomena. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interview,
observasi dan dokumentasi
Dari pembahasan teori dan hasil penelitian serta analisis data yang telah
diuraikan pada bab-bab sebelumnya maka, penulis dapat menyimpulkan sebagai
berikut : (1) Langkah-langkah Penerapan Model Think pair share Pada
Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun
Pelajaran 2017/2018, adalah sebagai berikut: a. Tahap-1 Thinking (berpikir). Guru
mengajukan pertanyaan atau isu yang terkait dengan pelajaran Guru memberikan
pertanyaan yang berkaitan dengan “Macam-macam Najis”. b Tahap-2
: Pairing (berpasangan). Selanjutnya guru meminta kepada peserta didik untuk
berpasangan dan mendiskusikan mengenai apa yang telah dipikirkan (pembahasan
tentang “Macam-macam Najis”). dan c. Tahap-3 : Sharing (berbagi). Pada tahap
akhir, guru meminta kepada pasangan tersebut berbagi atau bekerja sama dengan
kelas secara keseluruhan mengenai apa yang telah mereka bicarakan (pembahasan
materi tentang macam-macam Najis. (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi
Penerapan Model Think Pair Share Pada Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI
Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, antara lain:
a) faktor internal dan eksternal. Sedangkan faktor penghambat penerapan Model
Think pair share pada Pembelajaran Fiqih di kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel
Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, antara lain: a) siswa belum terbiasa
dengan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS; b) Ada alokasi waktu
yang kurang c) adanya beberapa siswa yang kurang fokus dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran, d) Kelompok yang terbentuk terlalu banyak. (3) Problem
yang dihadapi dan solusi dalam penerapan Model Think pair share Pada
Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun
Pelajaran 2017/2018, antara lain sebagai berikut: a) Guru belum menerapkan
model pembelajar Think pair share secara maksimal. Solusinya adalah guru dapat
belajar dari buku-buku yang berkaitan dengan penenerapan model
pembelajaranThink pair share, b) Guru belum maksimal dalam membimbing
siswa pada saat berdiskusi. Guru hendaknya memberikan arahan tata cara
melakukan diskusi yang baik, c) Siswa belum terbiasa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif TPS; Solusinya adalah membiasakan kepada anak didik
dengan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS d) Ada alokasi waktu yang
kurang sesuai. Solusinya adalah guru harus menyediakan waktu yang cukup e) Rendahnya minat dan motivasi belajar siswa. Solusinya adalah guru memberikan motivasi, meningkatkan minat belajar serta memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid,M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:03
Last Modified: 05 Apr 2022 07:03
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item