STUDI ANALISIS KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUKHORI UMAR DALAM BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM

IDA DEWI ROHMAYANTI, 131310000511 (2018) STUDI ANALISIS KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUKHORI UMAR DALAM BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310000511_COVER.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_BAB II.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_BAB III.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_BAB IV.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000511_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana konsep Bukhari Umar tentang pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam?, (2) Relevansinya terhadap realita pendidik dan pesert didik di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis library research.Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis yakni menggambarkan dan menganalisis konsep pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam dalam buku ilmu pendidikan Islam kaya Bukhari Umar.Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatatif, yaitu data yang tidak bisa di nilai dengan angka secara langsung. Dalam hal ini yang akan di uraikan adalah pentingya konsep pendidik dan pendidikan Islam dalam buku ilmu pendidikan Islam dalam buku ilmu pendidikan Islam karya Bukhari Umar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan perlu adanya konsep pendidik dan peserta didik karena merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik lebih baik, dimana pendidik tidak hanya mentransfer ilmunya saja akan tetapi perlu adanya konsep/kompetensi-kompetensi pendidik untuk tujuan pendidikan nasional maupun pendidikan Islami. Begitupun dengan peserta didik harus mempunyai konsep secara Islami untuk mewujudkan akhlak atau pribadi yang baik pula.Pada zaman sekarang ini peserta didik hanya menjadi peserta didik yang biasa saja, tidak menggunakan konsep atau aturan-aturan dalam penddidikan Islam.Oleh karena itu peneliti ingin mencari tahu mengenai pentingnya konsep pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam dalam buku ilmu pendidikan Islam. Dalam hal ini penulis menggunakan beberapa metode, pertama adalah deskripsi, di maksud untuk menjelaskan dan menggambarkan pemikiran Bukhari Umar tentang konsep pendidik dan peserta didik dalam buku ilmu pendidikan Islam, kedua adalah induksi deduksi, agar penjelasan lebih memahamkan maka dimulai dari hal umum ke khusus atau dari khusus ke umum. Ketiga adalah conten analysi, dimaksudkan agar memperoleh analisis yang lebih mendalam terkait pentingya konsep pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam dalam buku ilmu pendidikan Islam karangan Bukhari Umar.
Para pendidik saat ini belum bisa memenuhi tugasnya dengan baik, dengan meningkatkan kompetensinya diharapkan dapat meningkatkan minat belajar para peserta didik sehingga bisa menghasilkan output yang cerdas dan berakhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Akhirin, M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:54
Last Modified: 05 Apr 2022 06:54
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item