IMPLEMENTASI METODE TALAQQI, SETORAN, MURAJA’AH DAN MUDAROSAH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018)

HAMILATUZ ZAHROH, 131310001634 (2018) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI, SETORAN, MURAJA’AH DAN MUDAROSAH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310001634_COVER.pdf - Updated Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_BAB II.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_BAB III.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_BAB IV.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001634_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode talaqqi, setoran, muraja’ah dan mudarosah yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP IslamTerpadu Kholiliyah Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif studi kasus yaitu penyelidikan mendalam mengenai gambaran yang terorganisasikan dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial, yakni untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi, setoran, muraja’ah dan mudarosah dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Terpadu Kholiliyah Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Secara umum, bentuk implementasi metode talaqqi, setoran, muraja’ah dan mudarosah dalam pembelajaran Tahfidzul qur’an di SMP Islam Terpadu Kholiliyah menggunakan empat metode, yakni pertama, Metode Talaqqi yaitu memperdengarkan hafalan yang akan dihafal kepada seorang guru atau instruktur. Kedua, Metode Setoran yaitu menyetorkan hafalan yang sudah dihafal kepada guru dengan membawa buku prestasi belajar Tahfidzul Qur’an untuk ditulis batas hafalan yang diperoleh dan lancar tidaknya. Ketiga, Metode Muraja’ah yaitu mengulangi hafalan yang sudah diajukan supaya mematangkan hafalan agar tidak mudah hilang dari ingatan. Empat, Metode Mudarosah yaitu kegiatan tartilan hafalan yang sudah diperoleh secara kelompok maupun berpasangan dengan membaca perayat secara bergantian.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar dan semua pihak demi kemajuan pendidikan, khususnya pada lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, M.M.
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Setoran, Muraja’ah dan Mudarosah
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:51
Last Modified: 05 Apr 2022 06:51
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item