FIL DZATUL WACHIDAH, 141310003041 (2018) PEMBENTUKAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK USIA DINI DI TK AL-IKHLAS PEKALONGAN BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003041_COVER.pdf - Updated Version
Download (3MB) | Preview
141310003041_BAB I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003041_BAB II.pdf - Published Version
Download (20MB) | Preview
141310003041_BAB III.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003041_BAB IV.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003041_BAB V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
141310003041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: yang pertama bagaimana Moral dan nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-kanan Al-Ikhlas Pekalongan Jepara, yang kedua Bagaimana faktor pendukung serta penghambat moral dan nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di TK Al-Ikhlas Pekalongan Jepara. Didukung dengan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, pendidik, peserta didik dan orang tua/ peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber.
Pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: yang Pertama pembentukan moral dan nilai-nilai agama pada anak usia dini meliputi pembiasaan membaca doa sebelum pembelajaran dimulai, memberikan contoh pelaksanaan dan praktek solat dhuha, memberikan materi tentang bacaan hafalan doa-doa pendek, Pembiasaan membaca doa ketika peserta didik pulang. Dari beberapa pembelajaran tersebut dapat dilihat adanya tingkat pencapaian perkembangan aqidah, akhlaq dan ibadah dengan menggunakan metode bermain dan metode pembiasaan. Yang kedua, Faktor pendukung diantaranya pendidik memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam, peserta didik dapat meniru gerakan beribadah walaupun belum teratur dan memiliki buku-buku Islami. Sedangkan dari faktor penghambat antara lain : peserta didik mudah tidak focus, pendidik yang galak, pendidik yang tidak mengusai materi pembelajaran, pendidik jarang masuk kelas, pengelompokkan peserta didik yang masih belum jelas, dan lingkungan TK Al-Ikhlas Pekalongan Batealit Jepara yang bising.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Muafid,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Moral dan Nilai-nilai Agama Islam, Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanan Al-Ikhlas Pekalongan Batealit Jepara. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 06:36 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2932 |