EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING tipe STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MAFATIHUL HUDA RAU KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FATHUR ROHMAN, 141310003242 (2018) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING tipe STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MAFATIHUL HUDA RAU KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003242_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_BAB I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_BAB II.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_BAB III.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_BAB IV.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003242_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun 2017/2018 (2) Untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun 2017/2018
Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII A (kelompok eksperimen) dan VIII B (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa menggunakan metode pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD), sedangkan pada kelompok control dengan jumlah 34 siswa tanpa menggunakan metode pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Dsain quasi yang dipilih yaitu nonequivalent control group design. Uji validitas butir soal menggunakan software ITEMAN. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analis data menggunakan rumus statistic parametris
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD) dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode pembelajran model Student Team Achievement Division (STAD). Hal ini ditunjukkan dengan hasil ui t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,026 > 1,999), serta nilai signifikansi (P) adalah 0,000 < ⍺ (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima; dan (2) metode pembelajaran cooperative model Student Team Achievement Division (STAD) efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Mafatihul Huda Rau. Hal ini ditunjukkan dengan indeks normalized gain sebesar 0,36 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan, MM
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:34
Last Modified: 05 Apr 2022 06:34
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item