STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI KELAS XI MA MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AUKHA ULIVATUL KHOIRUM, 141310003045 (2018) STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI KELAS XI MA MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003045_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_BAB I.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_BAB II.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_BAB III.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aukha Ulivatul Khoirum Judul Skripsi “Studi Deskriptif Kompetensi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Mendesain Pembelajaran Di Kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Desain pembelajaran yang ideal menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 2) Kompetensi guru mapel Akidah Akhlak dalam mendesain pembelajaran di kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 (Silabus dan RPP) 3) Faktor yang mempengaruhi kompetensi guru Akidah Akhlak di kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) dan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variable-variable yang ada. Dan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena analisisnya bersifat kualitatif, dan hasil penelitiannya menekankan makna dari pada generalisasi
Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru akidah akhlak di kelas XI MA Masalikil Huda Jepara yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif
Desain pembelajaran yang ideal menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 ialah perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Desain pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara tertuang di dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Kompetensi guru mapel Akidah Akhlak dalam mendesain pembelajaran di kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara dapat dikatakan baik dan sudah ideal sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, karena kemampuan guru Akidah Akhlak dalam mendesain pembelajaran meliputi: guru memiliki kemampuan dalam menyusun silabus sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, dan guru memiliki kemampuan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran
Faktor yang mempengaruhi kompetensi guru Akidah Akhlak dalam mendesain pembelajaran di kelas XI MA Masalikil Huda Tahunan Jepara meliputi: peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam melaksanakan kegiatan pembinaan kepada para guru sangat mempengaruhi kualitas guru, teman sejawat yang lebih berpengalaman bisa diajak bekerjasama untuk mengembangkan desain pembelajaran, dan guru itu sendiri merupakan faktor utama dalam menyusun desain pembelajaran. Faktor yang berasal dari dalam diri guru ada tiga yakni kemampuan, minat dan motivasi, dan pengalaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Desain Pembelajaran Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:57
Last Modified: 30 Mar 2022 02:57
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item