PENERAPAN GAME EDUKASI “PAPAH” UNTUK PENGENALAN SAMPAH PADA ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL BERBASIS ANDROID

AH. HASAN UMAM FIKRI, 161240000567 (2020) PENERAPAN GAME EDUKASI “PAPAH” UNTUK PENGENALAN SAMPAH PADA ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161240000567_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_BAB IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161240000567_Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sampah merupakan salah satu faktor ancaman yang cukup serius di berbagai wilayah, salah satunya adalah di Jepara. Karena sampah yang tertibun dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi lingkungan seperti terjadinya polusi udara, air dan tanah dan terutama bagi kesehatan kita karena sampah menimbulkan aroma bau tak sedap serta mengundang serangga atau hama penyakit. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi pilah sampah (papah) yaitu aplikasi game belajar sambil bermain dan dibuat dengan aplikasi Construct 2 dengan menggunakan metode GRAPPLE. Game Edukasi dirancang dengan tujuan untuk menggali minat belajar anak akan materi pelajaran sambil bermain, sehingga yang awalnya permainan hanya berfungsi sebagai media penghibur, akhirnya dapat dipakai sebagai media pembelajaran. Sehingga anak akan lebih merasa senang dan diharapkan anak akan lebih mudah memahami tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Edukasi Pilah Sampah (papah) dirancang untuk memberikan pengetahuan peserta didik mengenai jenis-jenis sampah disekitar lingkungannya, sehingga dapat menumbuhkan kepedulian anak akan lingkungan sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu program pemerintah dalam penanganan permasalahan tentang sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Buang Budi Wahono, S.Si., M.Kom Pembimbing II : Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Sampah, Game Edukasi, Metode Grapple, Construct 2, Android
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:28
Last Modified: 04 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item