PENGARUH PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI DARUL ULUM SUMANDING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WAHYU INTAN PUJI LESTARI, 141310003129 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI DARUL ULUM SUMANDING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003129_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_BAB II.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003129_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode Paired Storytelling terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI. Apakan ada pengarunya secara signifikan atau tidak.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitati. Penulis melakukan studi lapangan di MI Darul Ulum Sumanding yakni pada ruang lingkup kelas IV,V, dan VI.dan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dari 40 siswa. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik purpose samplingatau teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik, dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menumjukkan bahwa metode Paired Storytelling terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI termasuk kategori tinngi. Dan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari r observasi 0,712 berada diatas r tabel dengan batas perolehan 5% sebesar 0,329. Dalam analisis uji regresidi ketahui F regresi sebesar 39,257 lebih besar dari F tabel yakni 4,13. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar-benar terdapat pengaruh yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maswan.M.M
Uncontrolled Keywords: Metode Paired Storytelling, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:39
Last Modified: 22 Mar 2022 03:39
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item