PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MI MIFTAHUL HUDA BULUNGAN 01 PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EKO AKRIS SULHADI, 131310001462 (2018) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MI MIFTAHUL HUDA BULUNGAN 01 PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310001462_COVER.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_BAB I.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_BAB II.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_BAB III.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_BAB IV.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310001462_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

EKO AKRIS SULHADI dengan Judul Skripsi "Pengaruh Intensitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Intensitas belajar di rumah siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara 2. Prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara 3. Pengaruh intensitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini dua meliputi: variabel bebas yaitu intensitas belajar di rumah, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara berjumlah berjumlah 438 siswa. Pengambil sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil 15% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 66 siswa dengan teknik random sampling atau acak yaitu dengan cara undian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes tertulis dan lisan, dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik product moment
Hasil dalam penelitian ini adalah: 1. Intensitas belajar di rumah siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 84,3, nilai median sebesar 84,1 dan nilai modusnya sebesar 84,7. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 66,7%, kategori baik sebanyak 33,3%. 2. Prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 86,2, nilai median sebesar 82,6 dan nilai modusnya sebesar 79. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 69,7%, kategori baik sebanyak 30,3%. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa MI Miftahul Huda Bulungan 01 Pakis Aji Jepara dapat diketahui melalui hasil r sebesar 0,397 dengan sampel N = 66 diinterpretasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,244 dan pada taraf 1% sebesar 0,317. Dari hasil interpretasi tersebut menunjukan ro> r tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang berarti signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Akhirin,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Intensitas Belajar di Rumah, Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:11
Last Modified: 17 Mar 2022 07:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item