KONSEP MULTIPLE INTELLEGENCES MENURUT HOWARD GARDNER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

AS’AD ULINNUHA, 141310003161 (2019) KONSEP MULTIPLE INTELLEGENCES MENURUT HOWARD GARDNER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003161_COVER.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_BAB II.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_BAB IV.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003161_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Howard Gardner merupakan seorang tokoh yang selalu tidak puas dengan penelitian yang telah ada, terutama mengenai kecerdasan manusia yang hanya diukur dari tingkat kecerdasan intelektualnya. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin menganalisis kembali pandangan-pandangan Howard Gardner tentang Multiple Intellegences yang dikemas dalam suatu tujuan penelitian, yaitu : 1) Untuk menjelaskan konsep mulitiple intelligences menurut Howard Gardner, dan 2) Untuk menjelaskan relevansi konsep multiple intelligences menurut Howard Gardner dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah.

Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian di atas, antara lain : 1) metode interpretatif, dan 2) metode analisis deskriptif. Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka jenis penelitian yang penulis gunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan penelitian library research, yaitu suatu pendekatan dengan menggali informasi bacaan dari buku literature, skripsi, atau lainnya yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Penulis menggunakan sumber data primer buku “Multiple Intellegences : Teori dan Praktik karya Howard Gardner” dan sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan sifat dan jenis data yang diperoleh, maka teknik analisa data yang dipergunakan adalah content analysis, yaitu suatu teknik analisa data yang digunakan untuk mengkaji isi atau objek kajian.
Kecerdasan menurut Howard Gardner diantaranya yaitu : kecerdasan music, kecerdaan gerakan-badan, kecerdasan logika-matematika, kecerdaan linguistic, kecerdasan ruang, kecerdasan antar pribadi, dan kecerdasan intra pribadi. Kecerdasan tersebut tumbuh secara berurutan sesuai dengan perkembangan umur manusia, yaitu terjadi pada usia lima tahun, usia sepuluh tahun, usia aqil baligh, dan usia praktisi matang. Apabila dikaitkan dengan Pembelajaran pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah, konsep multiple intelligences menurut Howard Gardner dirasa kurang relevan., karena kebanyakan guru mengajar hanya menggunakan satu model, yakni yang sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya saja, padahal menurut Howard Gardner siswa memiliki kecerdasan beragam dan berbeda antara satu dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Ali Munir, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Multiple Intellegences, Howard Gardner, dan PAI.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:11
Last Modified: 15 Mar 2022 03:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item