ISMATUL HANIAH, 141310003172 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MI MATHOLIBUL ULUM MINDAHAN BATEALIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003172_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003172_BAB I.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003172_BAB II.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
141310003172_BAB III.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
141310003172_BAB IV.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003172_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003172_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memaparkan implementasi kedisiplinan MI Matholibul Ulum Mindahan Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kedisiplinan MI Matholibul Ulum Mindahan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian yang akan dilaksanakan peneliti tergolong dalam jenis penelitian kualitatif dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holastik, dan dengan cara deskripstif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus dan alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi.
Pendidikan karakter disiplin di MI Matholibul Ulum Mindahan Tahun Pelajaran 2018/2019 diimplementasikan dangan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode ini meliputi kegiatan-kegiatan atau program yang yang sering dikenal dengan istilah 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). Selain program 5S pembiasaan yang lainnya adalah pembiasaan sholat dhuhur berjamaah, membaca asma’ul husna, tadarus al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Metode yang kedua adalah keteladanan, metode ini diimplementasikan dalam berperilaku, bertutur kata, berpakaian, kedisiplinan, dan kegiatan pembiasaan. Guru sering malaksanakan sholat berjamah, berpakaian sesuai dengan aturan, memakai peci dan lain sebagainya yang dapat dilihat oleh peserta didik dan mudah untuk ditiru. Metode yang ketiga adalah metode nasihat, nasihat ini dilakukan ketika ada peserta didik yang menunjukkan perilaku menyimpang dari aturan, misalkan terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Metode yang keempat adalah hukuman, metode ini diimlementasikan memberikan soal tambahan atau menghafal surat pendek Al-Qur’an. Faktor pendukung implementasi kedisiplinan MI Matholibul Ulum Mindahan Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah: a) Adanya tata tertib sekolah yang ditindak lanjuti dengan sanksi pelanggaran secara tegas, b) program pembelajaran yang disusun berdasarkan karakterisitik madrasah, c) Pengawasan/pengamatan terhadap siswa dan laporan guru terutama wali kelas secara rutin, d) Sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanakan pembelajaran, e) Peran serta guru dalam memberikan layanan ketika berada di madrasah. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di MI Matholibul Ulum Mindahan Wuni adalah: a) Tenaga pendidik, b) Keterbatasan dalam pengawasan, c) Maraknya teknologi informasi d), Kondisi masyarakat, dan d) Perhatian orang tua terhadap anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Faturrohman, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Dan Disiplin. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 01:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 01:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2562 |