LUAIYINNANDIFUL KAFI, 141310003114 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANIS RELIGIUS PADA MI HIDAYATUL HUSNA KRASAK PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
141310003114_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_BAB I.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_BAB II.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_BAB III.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_BAB IV.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
141310003114_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf - Published Version Download (690kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi Nilai-Nilai Humanis Religius pada MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai humanis religius pada MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian “field research” yaitu studi lapangan pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara dan peserta didik MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : pelaksanaan implementasi nilai-nilai humanis religius pada MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun pelaksanaan pembelajaran dengan nilai-nilai humanis religius ini yaitu sangat efektif karena dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun luar kelas peserta didik menjadi lebih aktif, sekolah menyediakan segala kebutuhan dan minat anak, guru sebagai penasehat pembimbing dan pemandu, sekolah, aktifitas pembelajaran guru dan murid memfokuskan pada pemecahan masalah (problem solving), sekolah menerapkan iklim demokratis dan kooperatif, guru menjadi motivator dan fasilitator dalam pembelajaran yaitu guru memberikan bimbingan dan arahan pada peserta didik. Kemudian progam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan yaitu tadarus Al-Quran pada jam kosong, sholat dhuha berjamaah, hafalan juz Amma dan Yanbu’a, pengumpulan dana sosial, pembacaan Rotib Al Hadad, berlatih basic computer, dan pesantren kilat. Pelaksanaan progam pembelajaranmya berjalan menarik dan terbentuk suasana yang nyaman. Didukung juga dengan kemampuan pendidik yang baik dan kekreatifan dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai humanis religius dari pelaksaaan progam pembelajaran meliputi yaitu religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Faktor pendukungnya pelaksanaan pembelajaran antara lain tersedianya media pembelajaran, buku pelajaran untuk peserta didik, motivasi keluarga, minat peserta didik yang tinggi. Faktor penghambatnya dalam proses pembelajaran untuk implementasi nilai-nilai humanis religius antara lain tingkat kemampuan yang dimiliki anak berbeda-beda, keterbatasan waktu dan motivasi keluarga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Humanis Religius, MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:11 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 04:11 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |