ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA (Studi Kasus Prestasi Belajar Dari Siswa Pesantren Dan Non Pesantren)

SITI ISYAROH, 151310003511 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA (Studi Kasus Prestasi Belajar Dari Siswa Pesantren Dan Non Pesantren). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003511_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_BAB V.pdf - Published Version

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003511_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun ajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini ada dua variabel yang dibahas, yaitu variabel bebas (Variabel X) siswa pesantren dan siswa non pesantren kelas X, variabel terikat (Variabel Y) Hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara digunakan untuk mengetahui pembelajaran fikih di kelas dan kegiatan siswa pesantren dan non pesantren. Sedangkan metode dokumentsi untuk meminta data MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dan Nilai Akhir mata pelajaran fikih kelas X. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t Independent sample t test dengan Uji Homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunkan rumus Uji T Independent Sample t test. berdasarkan dari hasil analisis Uji Homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.078 > 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa varians data hasil belajar fikih pada siswa pesantren dan non pesantren varian yang sama. Untuk uji normalitas nilai Sig. 0.089 > 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi Normal. Sedangkan uji hipotesis diketahui thitung 2,835 > ttabel 1,971. Dengan demikian Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dari siswa pesantren dan non pesantren.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memotivasi pembaca terutama bagi orangtua untuk memilih lingkungan pondok pesantrendengan tujuan selain membuat anak menjadi mandiri juga untuk membekali anak dengan pedoman agama sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Siswa Pesantren dan Non Pesantren, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:05
Last Modified: 14 Mar 2022 04:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item