PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MI MATHOLIBUL ULUM MINDAHAN WUNI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

EVA UMAROWATI, 141310003173 (2019) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MI MATHOLIBUL ULUM MINDAHAN WUNI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003173_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_BAB II.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_BAB III.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_BAB IV.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003173_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik bagi seorang guru menjadi hal yang sangat urgen untuk dipenuhi, agar pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah susun sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran di MI Matholibul Ulum Mindahan Wuni Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui faktor menjadi penghambat dan pendukung dalam pembelajaran di MI Matholibul Ulum Mindahan Wuni Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara mendeskripsikan hasil pengumpulan data akan dirubah ke dalam bentuk kualitatif yang terbagi menjadi empat kategori yakni sangat baik, baik, cukup, dan kurang.
Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pembelajaran di MI Matholibul Ulum berdasarkan tujuh indikator dikatakan sangat baik dengan skor rertanya adalah 82. Sedangkan secara individu komptensi pedagogik guru MI Matholibul Ulum dalam pada predikat sangat baik, karena dilihat dari skor reratanya mencapai 36,73.
Meskipun skor kompetensi per indikator dan secara individu sangat baik, tentunya ada faktor yang mendukung dan menghambat pencapain tersebut. Adapun faktor penghambatnya adalah karakteristik siswa yang beragam, kurang maksimal pemahaman guru tentang teori pembelajaran yang mendidik dan prinsip-prinsip belajar, kurangnya pemahaman tentang teknologi informasi, kurangnya pelatihan tentang peningkatan kompetensi bagi guru, kurang meratanya supervisi dan tindak lanjut yang dilakukan pada guru, ketidaksesuian antara yang tertulis di RPP dengan pengalaman belajar, Tidak dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) membantu guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di kelas, dan pengetahuan tentang siswa. Sedangkan faktor yang menjadi pendukung kompetensi pedagogik di MI Matholibul Ulum adala kemampuan yang dimiliki oleh guru, pengetahuan guru terhadap kurikulum, dan tingginya motivasi yang dimiliki guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:57
Last Modified: 14 Mar 2022 03:57
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item